Dapat Rp 6,8 T dari Jual Tol, Waskita: Tidak Ada yang Rugi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 04 Nov 2021 11:38 WIB
Uji coba gratis Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi I ruas Telaga Asih dimulai hari ini, Sabtu (31/7). Berikut foto-foto terkininya!
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

PT Waskita Karya (Persero) Tbk melepas sejumlah ruas tol untuk memperbaiki kinerja keuangannya. Pada tahun ini, Waskita telah melepas 4 ruas tol dengan nilai yang didapat Rp 6,8 triliun.

Direktur Utama Waskita Karya Waskita Destiawan Soewardjono merinci, 4 ruas tol ini yakni Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Semarang-Batang, Cinere-Serpong, Cibitung-Cilincing.

"Dan ini sudah close sudah tuntas transaksinya. Dari transaksi 4 ruas tol tersebut nilai totalnya Rp 6,8 triliun," katanya dalam konferensi pers, Kamis (4/11/2021).

Ia memastikan, tol ini tidak dilepas dalam kondisi rugi. Ada keuntungan yang diperoleh dalam pelepasan tol tersebut.

"Waskita mendapat margin dari divestasi ruas tol tersebut. Jadi tidak ada dari 4 ruas yang dilepas ini, yang di-divestasi ini, tidak ada yang rugi. Jadi Waskita mendapatkan keuntungan dari transaksi tersebut," terangnya.

Dia menjelaskan, tol-tol yang dilepas merupakan tol yang potensial. Meski, ketika terjadinya transaksi itu lalu lintas kendaraan sepi.

"Karena ruas-ruas yang dilepas ini adalah ruas-ruas yang bagus hanya karena COVID sehingga traffic pada saat transaksi kelihatan rendah. Tapi prospek ke depan makanya para investor berani mengambil itu karena prospek ke depan terhadap ruas-ruas yang dilepas Waskita sangat baik," terangnya.

Lihat juga Video: Jalur Darat Tol Trans Jawa Masih Bebas Pemeriksaan Hasil Tes Antigen

[Gambas:Video 20detik]



(acd/fdl)