Pembangunan MRT Jakarta Bundaran HI-Kota Digeber, Ini Progresnya

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 01 Des 2021 07:30 WIB
Tugu Jam Thamrin di perempatan Jalan M.H. Thamrin dan Kebon Sirih mulai direlokasi. Hal itu dilakukan karena pembangunan stasiun bawah tanah MRT Jakarta fase 2A.
Proyek MRT Jakarta Fase 2/Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Proyek MRT Jakarta Fase 2 yang membentang dari Bundaran HI hingga Kota sudah dimulai. Berbagai pekerjaan sudah dilakukan.

Proyek MRT Jakarta Fase 2 ini dibagi dalam dua segmen, yakni segmen 1 Bundaran HI-Harmoni dan segmen 2 Harmoni Kota. Untuk segmen 1 dilakukan proyek CP 201 yang merupakan pekerjaan sipil dan progresnya sudah mencapai 25,83%.

Lalu untuk segmen 2 terbagi dalam pengerjaan CP 203 pekerjaan sipil yang progresnya sudah mencapai 5,87%. Kemudian ada CP 208 yang merupakan pengerjaan railway system dan track work untuk Mangga Besar-Kota. Ada juga CP 202-205A yang merupakan pekerjaan sipil untuk wilayah Harmoni-Mangga Besar.

Bor raksasa atau Tunnel Boring Machine (TBM) untuk proyek MRT Jakarta Fase 2A telah tiba. Direktur Konstruksi MRT Jakarta Silvia Halim menjelaskan, proyek MRT Jakarta Fase 2A akan menggunakan 2 TBM. Untuk TBM yang pertama sudah tiba di pelabuhan Tanjung Priok.

"TBM pertama kita untuk fase 2A ini sudah sampai di Priok pada tanggal 20 November yang lalu. Saat ini sedang tahap proses custom clearance dan diharapkan bisa diantar dalam waktu dekat ke lapangan," ucapnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (30/11/2021).

Setelah keluar dari pelabuhan, TBM itu akan dikirimkan ke lokasi proyek untuk kemudian dirakit. Setelah dirakit ditargetkan TBM itu mulai melakukan pengeboran pada Januari 2022.

Sementara untuk TBM yang kedua saat ini tengah berada di Pelabuhan Shanghai. Prosesnya saat ini tengah menunggu pemuatan ke dalam kapal untuk dikirim ke Indonesia.

Kedua TBM untuk proyek MRT Jakarta Fase 2A itu dibuat oleh Kawasaki Heavy Industries di pabriknya yang berada di China.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Simak video 'Rumitnya Proses Relokasi Tugu Jam Thamrin Demi Pembangunan MRT':

[Gambas:Video 20detik]