ADVERTISEMENT

Whusss... Tol Akses Bandara Kertajati Sudah Bisa Dijajal

Bima Bagaskara - detikFinance
Senin, 20 Des 2021 14:32 WIB
Tol Akses Bandara Kertajati beroperasi
Foto: Bima Bagaskara/detikcom: Tol Akses Bandara Kertajati beroperasi
Majalengka -

Tol Akses Bandara Kertajati (Bandara Internasional Jawa Barat), di Kabupaten Majalengka resmi beroperasi hari ini, Senin (20/12/2021). Jalan tol ini menghubungkan langsung antara Tol Cipali dengan BIJB Kertajati.

Peresmian beroperasinya Tol Akses Bandara Kertajati ini oleh Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo, disaksikan jajaran Direksi Astra Infra Group serta perwakilan pemerintah Kabupaten Majalengka. Menurut John jalan tol ini akan mempermudah akses masyarakat menuju Bandara Kertajati.

"Beroperasinya tol akses ini diharapkan akan mempermudah akses masyarakat dari dan menuju Bandara Kertajati, sehingga fungsinya yang melayani mobilitas bisa lebih maksimal," kata John saat memberi sambutan di acara pengoperasian Tol Akses Bandara Kertajati, Senin (20/12/2021).

Menurut John akses menuju Bandara Kertajati akan jauh lebih mudah saat Tol Cisumdawu telah sepenuhnya terkoneksi hingga ke jalan tol akses tersebut. Karena kata dia, melalui Tol Cisumdawu jarak dan waktu dari Bandung menuju Kertajati akan jauh terpangkas.

"Selanjutnya apabila jalan tol Cisumdawu sudah terkoneksi penuh maka manfaat yang dirasakan akan semakin besar. Karena memangkas jarak dan waktu perjalanan dari Bandung ke Kertajati yang saat ini 160-180 km, dengan Cisumdawu jadi 60 km," ungkapnya.

Proses pembangunan Tol Akses Bandara Kertajati sendiri memakan waktu 12 bulan dan telah mengantongi izin pengoperasian dari Menteri PUPR melalui surat keputusan Nomor 1514/KPTS/M/2021 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat sebagai bagian dari jalan Tol Cikampek - Palimanan.

"Dengan beroperasinya jalan Tol Akses Bandara Kertajati pada tanggal 20 Desember ini maka Gerbang Tol Kertajati Utama dapat dilalui oleh masyarakat. Pembangunan jalan tol ini rampung pada September kemarin yang dilanjutkan dengan uji laik fungsi dan operasi pada Oktober," jelas Firdaus Azis Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali.

Tol Akses Bandara Kertajati ini terhubung langsung dengan Jalan Tol Cipali di KM 158+700 yang merupakan pembuka konektivitas bagi wilayah Majalengka dan sekitarnya. Tol Akses Bandara Kertajati memiliki panjang sekitar 3,7 kilometer, berjumlah 4 lajur dengan masing-masing lajur memiliki lebar 3,6 meter.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT