Bandara Halim Mau Dipercantik 1 Januari? Kemenhub Tunggu Perpres

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 26 Des 2021 18:00 WIB
Bandara Halim Perdanakusuma
Foto: Bandara Halim Perdanakusuma (Fuad Hasim/tim infografis detikcom)
Jakarta -

Bandara Halim Perdanakusuma bakal direvitalisasi, maka dari itu bandara yang berada di Jakarta Timur ini akan ditutup untuk sementara waktu. Bandara ini bakal direvitalisasi per 1 Januari 2022 mendatang.

Kementerian Perhubungan pun buka suara soal wacana penutupan dan revitalisasi Halim. Menurut Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati bakal ada Peraturan Presiden yang melandasi pelaksanaan revitalisasi bandara Halim.

Kemenhub pun menunggu pengesahan Perpres tersebut untuk proses revitalisasi Halim selanjutnya. Perpres itu akan menjadi payung hukum proyek revitalisasi yang akan dilakukan.

"Saat ini Kementerian Perhubungan menunggu proses pengesahan PerPres sebagai payung hukum pelaksanaan revitalisasi bandara Halim Perdanakusuma," ujar Adita saat dihubungi detikcom, Minggu (26/12/2021).

Adita bilang revitalisasi bandara dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan keselamatan penerbangan yang dilakukan di Halim Perdanakusuma.

"Revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan dan keselamatan penerbangan," ungkap Adita.

Sebelumnya, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyebut per 1 Januari mendatang Halim akan ditutup untuk revitalisasi. Fadjar menyatakan penutupan yang disertai revitalisasi ini adalah perintah langsung Presiden Joko Widodo.

"Bahwa Bandara Halim akan ditutup mulai tanggal 1 Januari ini adalah perintah Bapak Presiden," kata Fadjar saat acara Press Tour and Media Gathering di Gedung Ardhya Loka, Kompleks Halim Perdanakusuma, Cililitan, Jaktim, Rabu (22/12/2021).

Bersambung ke halaman selanjutnya.