Penerbangan Dipindah ke Soetta-Pondok Cabe Selama Halim Dipercantik

ADVERTISEMENT

Penerbangan Dipindah ke Soetta-Pondok Cabe Selama Halim Dipercantik

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 26 Des 2021 20:16 WIB
Penerbang domestik selain mudik dibuka kembali bagi penumpang bersyarat. Meski dibuka lagi, suasana di Bandara Halim Perdanakusuma terpantau sepi pagi ini.
Suasana di Bandara Halim (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Imbas dari penutupan Bandara Halim Perdanakusuma, penerbangan sipil yang ada bakal dialihkan ke 3 bandara terdekat. Penutupan Halim dilakukan untuk merevitalisasi bandara, hal itu akan dilakukan mulai 1 Januari 2022.

Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan penerbangan yang sudah ada di Halim bakal dipindah ke beberapa bandara terdekat saat revitalisasi dilakukan. Penerbangan akan dialihkan ke 3 bandara terdekat, mulai dari Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Pondok Cabe, hingga Bandara Budiarto.

"Pesawat udara sipil yang saat ini beroperasi di Bandara Halim Perdanakusuma akan dipindahkan operasionalnya ke Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Pondok Cabe, dan Bandara Budiarto Curug," ungkap Adita kepada detikcom, Minggu (26/12/2021).

Perihal kapan penerbangan akan dialihkan, Adita mengatakan hal itu menunggu penerbitan Peraturan Presiden alias Perpres. Belum ada jadwal yang tetap untuk melakukan perpindahan penerbangan dari Halim.

Dia bilang dalam proyek revitalisasi ini memang akan ada Perpres yang diterbitkan. Perpres diterbitkan sebagai payung hukum proyek revitalisasi Halim Perdanakusuma.

"Perpindahan operasional pesawat udara sipil (yang operasi di Halim) akan dilaksanakan setelah diterbitkannya Perpres dimaksud," kata Adita.

Sebelumnya, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyebut per 1 Januari mendatang Halim akan ditutup untuk revitalisasi. Fadjar menyatakan penutupan yang disertai revitalisasi ini adalah perintah langsung Presiden Joko Widodo.

"Bahwa Bandara Halim akan ditutup mulai tanggal 1 Januari ini adalah perintah Bapak Presiden," kata Fadjar saat acara Press Tour and Media Gathering di Gedung Ardhya Loka, Kompleks Halim Perdanakusuma, Cililitan, Jaktim, Rabu (22/12/2021).

(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT