Gagal Lelang Berkali-kali, Proyek MRT Fase II Makin Jauh dari Selesai

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 27 Des 2021 18:30 WIB
Tugu Jam Thamrin di perempatan Jalan M.H. Thamrin dan Kebon Sirih mulai direlokasi. Hal itu dilakukan karena pembangunan stasiun bawah tanah MRT Jakarta fase 2A.
Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Progres Proyek MRT Fase II

Berdasarkan paparannya, progres fisik CP2021 (Stasiun Thamrin-Stasiun Monas) mencapai 29,15% per 15 Desember 2021. Untuk di Stasiun Monas, pengerjaan sedang fokus pemasangan rebar (pembesian) untuk persiapan pengecoran roof slab pada Stasiun Box Monas, pengecoran base slab RSS, dan persiapan TBM launching shaft sisi selatan.

Sedangkan di Stasiun Thamrin, sedang pengerjaan D-wall di area TBM shaft utara, pengerjaan power blender dan guide wall di station box utara, pengerjaan kingpost station box selatan, pengerjaan jet grout di TBM shaft selatan, dan pengerjaan perakitan TBM-1 di area utara Bundaran HI.

Untuk CP203 (rute Glodok-Kota), progres fisiknya baru mencapai 6,134% per 15 Desember 2021. Saat ini sudah dilakukan rekayasa lalu lintas di Jl. Gajah Mada, Jl. Hayam Wuruk, dan Jalan Pintu Besar Selatan, hingga pekerjaan halte sementara TransJakarta Glodok.


(aid/dna)