Fakta-fakta Tol Gedebage-Cilacap: Biaya, Rute hingga Tarif

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Jumat, 07 Jan 2022 05:45 WIB
Ilustrasi Tol Cipali
Ilustrasi/Foto: dok. Twitter @jokowi
Jakarta -

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah menetapkan pemenang pelelangan pengusahaan jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap. Jalan tol ini memiliki nilai investasi Rp 56 triliun.

Pembangunan tol ini akan dibagi jadi dua tahap. Tahap pertama dari Gedebage ke Tasikmalaya mulai 2022 sampai 2024, dan tahap kedua dari Tasikmalaya ke Cilacap dari 2027 sampai 2029.

Dengan total panjang 206,65 km, tol yang akan menghubungkan wilayah Jawa Barat dengan Jawa Tengah ini menjadi tol terpanjang di Indonesia sejauh ini setelah tol Padang-Pekanbaru 254,8 km yang saat ini juga masih dalam tahap pembangunan.

Untuk lebih lengkapnya, simak 3 fakta terkini mengenai pembangunan tol ini:

1. Pemenang Lelang Tol

Tol ini akan diusahakan oleh konsorsium PT Jasa Marga (32,5%), kemitraan PT Daya Mulia Turangga-PT Gama Group-PT Jasa Sarana (27,5%), PT Waskita Karya (20%), PT PP (10%), dan PT Wijaya Karya (10%).

Dengan dimenangkannya lelang Pengusahaan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap ini, konsorsium akan melaksanakan pembentukan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk menandatangani dan menjalankan kewajiban dalam Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT). Setelah ditandatanganinya PPJT tersebut, Jasa Marga akan memiliki konsesi sepanjang total 1.809 km.

2. Rute

Mengutip data proyek di Simpul KPBU Kementerian PUPR, Kamis (6/1/2022), pembangunan tol ini dibagi 2 tahap, yakni tahap pertama dari Gedebageke Tasikmalaya dan tahap kedua dari Tasikmalaya ke Cilacap. Artinya, rute Gedebage ke Cilacap akan melewati Tasikmalaya.

Rute Gedebage ke Tasikmalaya akan melewati jalur dari Garut sepanjang kurang lebih 95,2 km. Sedangkan dari Tasikmalaya ke Cilacap, rutenya akan melewati Ciamis dan Banjar sepanjang kurang lebih 111 km.

Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap akan memiliki 10 Simpang Susun (SS). Di antaranya SS Majalaya, SS Nagrek, SS Garut Utara, SS Garut Selatan, SS Singaparna, SS Tasikmalaya, SS Ciamis, SS Banjar, SS Patimuan, dan SS Cilacap.

3. Tarif

Mengutip hasil lelang pengusahaan jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Nomor 37.1/BPJT/L/GBTC/2021, tarif tol ini direncanakan Rp 2.025/km. Tarif tersebut untuk golongan I tahun 2024.

Dengan panjang tol 206,65 km, maka total biaya yang dibutuhkan untuk menjajal Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap secara penuh kurang lebih Rp 418.500.

Lihat juga video 'Interchange Km 149 Belum Diaktivasi, Walkot Bandung: Segera Diupayakan':

[Gambas:Video 20detik]

(eds/eds)