Terpopuler Sepekan

RI Bakal Punya Tol Terpanjang Gedebage-Cilacap, Biayanya Rp 56 T

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 08 Jan 2022 15:45 WIB
Foto udara gerbang keluar Jalan Tol Purbaleunyi di KM 149, Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/12/2021). Pemerintah Kota Bandung melayangkan surat kepada Kementerian PUPR untuk membuka gerbang Tol Gedebage KM 149 sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan kawasan Bandung Timur. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Ilustrasi/Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Indonesia akan punya jalan tol terpanjang baru, yaitu tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap. Tol ini akan segera dibangun dengan panjang 206,65 km.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan tol ini akan menghubungkan wilayah Jawa Barat dengan Jawa Tengah akan menjadi tol terpanjang di Indonesia.

Saat ini tol terpanjang masih dipegang oleh tol Padang-Pekanbaru sejauh 254,8 km yang sekarang masih dalam proses pembangunan.

Nantinya konstruksi dan operasi tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap akan dibagi menjadi dua. Yaitu tahap 1 Gedebage-Tasikmalaya dan tahap 2 Tasikmalaya-Cilacap.

Konstruksi tahap 1 dilakukan pada tahun 2022-2024. Kemudian tahap 2 dilanjutkan pada 2027-2029. Ada jeda pengoperasian selama 3 tahun.

"Dengan adanya jeda schedule konstruksi tersebut sehingga financial close untuk investasi ruas tol ini dapat dilakukan 2 kali yakni kebutuhan ruas Gedebage-Tasikmalaya terlebih dahulu kemudian Tasikmalaya-Cilacap," kata Anggota BPJT Unsur Profesi Koentjahjo Pamboedi.

Untuk pembangunan tol ini nilai investasi ditetapkan RP 56 triliun. Perusahaan yang memenangkan pelelangan ini adalah konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Daya Mulia Turangga-PT Sarana-PT Gama Group, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Sementara Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Subakti Syukur mewakili konsorsium pemenang lelang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya selama proses pelaksanaan lelang Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

"Tentunya kami semua konsorsium sangat berkomitmen untuk menyelesaikan ruas tol yang cukup panjang ini, sesuai dengan yang diharapkan, dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Mudah-mudahan proyek ini menjadi salah satu ruas yang cukup berperan penting untuk memecah arus lalu lintas kemacetan di masa mendatang di wilayah dari Gedebage hingga Cilacap," tutupnya.

Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap akan memilki 10 Simpang Susun (SS), yakni SS Majalaya, SS Nagrek, SS Garut Utara, SS Garut Selatan, SS Singaparna, SS Tasikmalaya, SS Ciamis, SS Banjar, SS Patimuan, dan SS Cilacap.

(kil/eds)