Terungkap! Ini Lokasi Akses Jalan Pekerja Rest Area yang Viral

Trio Hamdani - detikFinance
Sabtu, 15 Jan 2022 14:00 WIB
Ilustrasi macet/ antrean di rest area
Foto: Ilustrasi rest area
Jakarta -

Pengelola Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) buka suara atas video viral yang memperlihatkan sebuah akses jalan memprihatinkan yang harus ditempuh oleh pekerja rest area di tol. Terlihat hanya ada jalan setapak yang bisa dilewati untuk mencapai lokasi.

Corporate Communication Departemen Head PT Lintas Marga Sedaya Theresia Dyah membenarkan bahwa lokasi pada video tersebut berada di rest area Tol Cipali.

"Benar bahwa dalam video tersebut lokasi berada di rest area KM 86 arah Jakarta di ruas Tol Cikopo-Palimanan," katanya melalui keterangan tertulis dikutip detikcom, Sabtu (15/1/2022).

Pihaknya sebagai operator Tol Cipali mengucapkan terima kasih atas perhatian masyarakat, khususnya kepada para pekerja yang berkontribusi dalam mengembangkan ruas Tol Cipali.

Tak Bisa Dibangun Jalan

Dia menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 pasal 7, dinyatakan bahwa setiap tempat istirahat dan pelayanan dilarang dihubungkan dengan akses apapun dari luar jalan tol.

"Oleh karena itu memang tidak dimungkinkan bagi kami untuk membuat akses dari luar jalan tol," tuturnya.

Pihak operator Tol Cipali sudah melakukan sosialisasi terkait peraturan tersebut kepada masyarakat sekitar dan juga karyawan atau pekerja yang bekerja di rest area, baik melalui penyuluhan secara langsung maupun media sosial.

Atas video yang viral di masyarakat, menurutnya akan menjadi masukan bersama untuk perbaikan ke depannya. Pihak operator Tol Cipali mengungkapkan sangat terbuka atas semua masukan dari pengguna jalan maupun masyarakat sekitar yang tujuannya untuk kebaikan bersama.

"Oleh karena itu kami mengimbau untuk ke depannya agar perhatian dan masukan tersebut dapat disampaikan secara langsung ke kami sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam pengelolaan jalan Tol Cipali," tambahnya.

(toy/ara)