ADVERTISEMENT

Ridwan Kamil Ungkap Rencana Pembangunan Tol Parabon

Sudirman Wamad - detikFinance
Jumat, 04 Feb 2022 19:15 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan meninjau Stasiun Garut, Kamis (6/1). Ia optimistis ekonomi di Garut berkembang pesat seiring dengan reaktivasi jalur KA Cibatu-Garut.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Kabupaten Cirebon -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mewacanakan pembangunan ruas jalan tol dari Patimban menuju Indramayu hingga Cirebon. Ridwan Kamil mengaku tengah mengonsep rencana pembangunan tersebut.

"Sedang kita konsepkan. Jadi nanti jalan tol yang menghubungkan Patimban, Indramayu dan Cirebon. Sementara ini namanya Parabon," kata gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu dalam keterangan yang diterima detikcom, Jumat (4/2/2022).

Parabon merupakan akronim dari tiga nama daerah, yakni Patimban, Indramayu dan Cirebon. Kang Emil mengaku pembangunan Tol Parabon ini merupakan akses jalan bebas hambatan ke sepuluh di Jabar.

Kang Emil menjelaskan saat ini ada sembilan ruas jalan tol di Jabar. Seperti, Tol Cisumdawu yang menghubungkan Kertajati, Cigatas dari Bandung hingga Cilacap yang audah ground breaking. Kemudian ada juga Bogor, Sukabumi, Cianjur dan Jakarta Cikampek (Japek) 2.

"Kalau Parabon jadi diwacanakan dan dimulai, itu adalah ruas tol ke 10," kata Kang Emil.

Menurut dia, pembangunan infrastruktur ini sangat mendukung perekonomian dan investasi di Jabar. "Inilah yang membuat investasi di Jawa Barat selalu nomor satu. Karena dianggap infrastrukturnya setiap tahun bertambah baik," katanya.

Kang Emil menilai pembangunan infrastruktur merupakan upaya dalam meningkatkan ekonomi di Jabar. "Untuk Cirebon akan luar biasa. Ada pembangunan Terminal Ciledug, ITB Kampus Cirebon. Agar anak-anak Cirebon suatu hari bisa menjadi SDM luar biasa menyambut Kawasan Rebana," katanya.

Ia menjelaskan pembangunan kawasan Patimban membutuhkan empat hingga lima juta lapangan pekerjaan. Wacana pembangunan Tol Parabon ini disampaikan Kang Emil saat meresmikan ruas jalan perbatasan antara Jabar dan Jateng di Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, Jabar.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT