Target Akhir Tahun Kelar, Progres Proyek Sodetan Ciliwung Baru 5%

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Jumat, 04 Feb 2022 19:30 WIB
Proyek Sodetan Ciliwung-KBT
Foto: Aldiansyah Nurrahman
Jakarta -

Proyek penangkal banjir Jakarta, Sodetan Kali Ciliwung saat ini masih terus berlanjut. Untuk progresnya proyek ini secara fisik baru mencapai 5%.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) Bambang Heri Mulyono mengatakan 5% itu adalah komponen-komponen di pintu masuk terowongan.

"Progresnya kalau sampai sekarang baru 5% secara fisik. Karena memang (prosentase) bagian yang paling besar di terowongan," ujarnya, kepada Detik.com, Jumat (04/02/2022).

Bambang mengaku optimis sodetan akan rampung sesuai target, yakni sudah bisa mengalirkan air di akhir tahun. Sebab jika pengerjaan bagian terowongan sudah dilakukan progresnya akan meningkat.

"Kalau kontraknya itu selesai di Agustus 2023. Tapi, saya targetkan akhir tahun ini airnya sudah bisa mengalir," jelasnya.

Sementara sisa waktu dari air mengalir digunakan untuk perapian.

Mengenai persoalan sengketa dengan warga RW 04, Bidara Cina, Jakarta, sudah selesai. Lahan warga RW 04 dijamin tidak digunakan untuk proyek sodetan. Karena jalurnya sudah digeser 100 meter ke hulu.

"Kita tidak menggunakan lahannya warga yang sekarang didiami warga. Kita sekarang di lahannya BUMN dan itu sudah selesai pembebasannya. Bisa dikatakan sudah selesai," tegasnya.



Simak Video "Penampakan Rumah Warga di Puncak Bogor Diterjang Luapan Ciliwung"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)