ADVERTISEMENT

Genjot Kinerja Pengelola Bandara, Ini Jurus AP II

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Minggu, 27 Feb 2022 20:32 WIB
Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta siap melayani penerbangan internasional. Rencananya, pengoperasiannya dimulai pada 1 Mei 2017.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

PT Angkasa Pura II (AP II) terus mendorong penerapan tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance/GCG) dengan sangat baik. Ada sejumlah hal yang dilakukan AP II untuk menerapkan hal tersebut.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan penerapan GCG dengan baik memainkan peran utama memberikan pelayanan terbaik sehingga tidak kalah dengan bandara di dunia.

"AP II percaya bahwa penerapan GCG dengan ketat merupakan kunci utama dalam membawa perusahaan untuk memberikan pelayanan kelas dunia di seluruh bandara yang kami kelola sehingga selalu sejajar dengan operator bandara kelas dunia lainnya," ujar Muhammad Awaluddin, dalam keterangan tertulis, Minggu (27/02/2022).

Adapun AP II telah menjalankan berbagai program guna memastikan GCG berjalan dengan baik. Program-program tersebut antara lain adalah membangun Sistem Manajemen Anti-Penyuapan (SMAP) sesuai standar ISO 37001:2016 guna mengidentifikasi, mencegah dan Mengevaluasi risiko penyuapan.

Di samping itu, AP II juga telah memiliki sistem whistleblowing system terintegrasi secara elektronik dengan KPK sebagai inisiatif pencegahan praktik korupsi. Sistem terintegrasi ini juga memperkuat sistem pencegahan pelanggaran yang sudah dimiliki AP II.

AP II juga telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Direktorat Jenderal Pajak terkait Integrasi Data Perpajakan guna mendukung peningkatan penerimaan negara dari pajak serta memperkuat penerapan GCG.

Secara internal, AP II sejak tahun lalu memiliki unit Satuan Kerja Audit Internal Terintegrasi (SKAIT) guna memastikan kesinambungan dan keselarasan dalam menjalankan audit di lingkungan perseroan.

"Bisnis dan portofolio AP II semakin besar dan diperlukan berbagai upaya untuk memastikan penerapan GCG. Berbagai upaya memperkuat GCG ini sangat mendukung AP II mencapai visi On Becoming Airport Enterprise Leader in the Region pada 2024," jelas Awaluddin.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT