Tol Bali Mandara 'Dipoles' demi G20, Begini Rencananya

ADVERTISEMENT

Tol Bali Mandara 'Dipoles' demi G20, Begini Rencananya

Sui Suadnyana - detikFinance
Sabtu, 05 Mar 2022 22:05 WIB
Persiapan tol Bali Mandara untuk acara G20
Foto: Sui Suadnyana/detikcom: Persiapan tol Bali Mandara untuk acara G20
Denpasar -

Sebanyak tiga titik pintu masuk-keluar Jalan Tol Bali Mandara kini mulai dipasangi panel surya. Panel surya ini dibangun guna mendukung perhelatan Presidensi G20 di Bali.

"Untuk pemasangan dari PLTS ini nanti akan dipasang di 3 titik mulai dari Gerbang Tol Ngurah Rai, kemudian Gerbang Tol Benoa, (dan) Gerbang Tol Nusa Dua," kata Direktur Bisnis PT Jasa Marga (Persero) Reza Febriano saat ground breaking PLTS tersebut, Sabtu (5/3/2022).

Masing-masing titik pintu masuk-keluar Jalan Tol Bali Mandara akan dipasang panel surya sepanjang 1 kilometer. PLTS ini nantinya diharapkan memberikan output energi listrik sebesar 400 kilowattpeak (kwp) yang akan digunakan untuk kegiatan operasional, baik itu di gerbang tol maupun untuk penerangan jalan umum (PJU).

"Pemasangan PLTS di Jalan Tol Bali Mandara ini sudah didahului dengan perjanjian kerja sama yang kita lakukan pada tanggal 2 Februari yang lalu dan kita harapkan pembangunan ini dapat kita selesaikan di awal Juli 2022 mendatang," jelasnya.

Reza mengungkapkan, bahwa Bali akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan presidensi G20 pada Oktober mendatang. Oleh sebab itu, PT Jasamarga Bali Tol turut mendapat tugas pemerintah pusat, baik dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT