ADVERTISEMENT

Pertama di RI, Tol Gilimanuk-Mengwi Ada Jalur Sepeda dan Pejalan Kaki

Iffa Naila Safira Widyawati - detikFinance
Selasa, 08 Mar 2022 12:16 WIB
Jalur sepeda di jalan raya. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Foto: dik
Jakarta -

Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi menjadi yang pertama dalam menghadirkan jalur sepeda, sepeda motor dan pejalan kaki di dalam jalan tol.

Jalan tol ini nantinya juga akan mempersingkat waktu tempuh dari yang biasanya 5-7 jam, menjadi 1,5-2 jam untuk pergi dari Gilimanuk ke Denpasar.

"Proyek Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi merupakan salah satu proyek strategis nasional dan memiliki panjang 96,84 km yang terdiri dari 3 seksi," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit dalam acara Penandatanganan Perjanjian Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, Selasa (8/3/2022).

Dimulai dari Seksi I yaitu Gilimanuk-Pekutatan sepanjang 54,7 km. Lanjut ke Seksi II yaitu Pekutatan-Soka sepanjang 23,1 km dan terakhir ada Seksi III yaitu Soka-Mengwi mencapai 18,9 km. Untuk jalan tol dari Gilimanuk-Pekutatan dilengkapi dengan 4 lajur untuk 2 arah kendaraan.

Sedangkan, untuk tol Pekutatan-Mengwi akan ditambah dengan tambahan lajur kendaraan untuk sepeda motor, 2 lajur untuk kendaraan roda empat, serta lajur khusus sepeda dan pejalan kaki.

"Ini mungkin jalan tol pertama yang ada jalur sepedanya di Indonesia, karena memang daerah wisata jadi kita juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat wisata," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Selain terdiri dari 3 seksi, Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi juga terdiri dari 6 simpang susun yaitu Simpang Susun Cekik, Banyubiru, Negara, Pekutatan, Soka, dan Wanasari.

Demi pembangunannya, BPJT sudah memulai panitia pelelangan pengusahaan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi sejak 25 Februari 2021.

Akhirnya ditetapkan oleh Kementerian PUPR pemenang lelangnya yaitu Konsorsium PT Sumber Rhodium Perkasa, PT Cipta Sejahtera Nusautama, PT Bumi Sentosa Dwi Agung pada tanggal 7 Maret 2022.

Lihat juga video 'Proyek Tol Cisumdawu, Molor 10 Tahun-Anggaran Bengkak':

[Gambas:Video 20detik]



(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT