ADVERTISEMENT

Keren! Tol Gilimanuk-Mengwi Bakal Ada Jalur Sepeda dan Pejalan Kaki

Iffa Naila Safira Widyawati - detikFinance
Selasa, 08 Mar 2022 21:00 WIB
Jalur sepeda di jalan raya. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Foto: dik
Jakarta -

Untuk pertama kalinya di Indonesia akan ada tol yang memiliki fasilitas jalur sepeda dan pejalan kaki. Tol tersebut adalah tol Gilimanuk-Mengwi di Bali yang rencananya akan rampung pada tahun 2024.

"Proyek Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi merupakan salah satu proyek strategis nasional dan memiliki panjang 96,84 km yang terdiri dari 3 seksi," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit dalam acara Penandatanganan Perjanjian Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, Selasa (8/3/2022).

Dari ketiga seksi itu, ada seksi Pekutatan-Mengwi yang menambah lajur kendaraan dalam tol untuk sepeda motor, 2 lajur untuk kendaraan roda empat, serta lajur khusus sepeda dan pejalan kaki.

"Ini mungkin jalan tol pertama yang ada jalur sepedanya di Indonesia, karena memang daerah wisata jadi kita juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat wisata," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Rencanya yaitu Seksi I dibuat dari Gilimanuk-Pekutatan dengan panjang mencapai 54,7 km. Lanjut ke Seksi II yaitu Pekutatan-Soka sepanjang 23,1 km dan terakhir ada Seksi III yaitu Soka-Mengwi mencapai 18,9 km.

Dalam kesempatan sama, Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan harapan dan keinginannya untuk Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi. Dia juga mengusulkan nama khusus untuk tol tersebut yang sesuai dengan harapannya.

Wayan mengatakan bahwa jalan tol ini akan menjadi akses infrastruktur demi berkembangnya pusat-pusat pertumbuhan perekonomian baru, dan juga untuk menyeimbangkan dan menyamaratakan perekonomian di seluruh Provinsi Bali.

"Oleh karena itu, sejalan dengan visi Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, mohon izin kepada Bapak (Menteri PUPR) berkenan menyetujui saya mengusulkan diberi nama Tol Jagat Kerthi Bali, yang memiliki makna bahwa jalan tol ini merupakan infrastruktur perekonomian yang akan memberi kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat," ujar Wayan.



Simak Video "Serunya Mengayuh Sepeda di Kota Hujan Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT