Menteri PUPR ke Pengelola Tol: Siapkan Minimal 50 Toilet di Rest Area

Enggran Eko Budianto - detikFinance
Sabtu, 09 Apr 2022 05:00 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Foto: Enggran Eko Budianto: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memperkirakan 79-85 juta masyarakat akan mudik lebaran tahun ini. Agar tradisi tahunan itu berjalan lancar, Kementerian PUPR menggeber perbaikan jalan nasional hingga H-10 lebaran.

Bukan itu saja, ketersediaan toilet di rest area jalan tol juga menjadi perhatian.

Basuki memperkirakan 47 persen dari 79-85 juta masyarakat Indonesia yang mudik Lebaran nanti akan melalui jalur darat. Oleh sebab itu Kementerian PUPR benar-benar menyiapkan arus mudik lebaran tahun ini.

Terlebih lagi masyarakat sudah dua tahun tidak bisa pulang kampung karena pandemi COVID-19.

Salah satu upaya yang dilakukan Kementerian PUPR, kata Basuki, yakni mengecek kondisi seluruh jalan nasional di Pulau Jawa. Pihaknya juga menyebar tim untuk melakukan pengecekan. Selanjutnya, jalan-jalan yang rusak segera diperbaiki.

"Nanti H-15 - H-10 semua alat berat (yang digunakan dalam perbaikan jalan nasional) sudah keluar dari jalan, baik jalan tol maupun non tol," kata Basuki kepada wartawan usai meresmikan Jembatan Ploso, Jombang, Jumat (8/4/2022).

Tidak hanya itu, Basuki juga mengecek ketersediaan toilet di rest area jalan tol. Karena besarnya jumlah masyarakat yang akan mudik lebaran tahun ini. Seperti siang tadi, ia mampir ke kantor pengelola Astra Tol Jombang-Mojokerto (Jomo).

Basuki meminta para pengelola jalan tol di wilayah pantura menyediakan minimal 50 toilet sementara di setiap rest area. Sedangkan di luar jalur Pantura minimal 25 toilet sementara setiap rest area. Sehingga para pemudik tidak terlalu lama mengantre di toilet.

"Pengalaman tahun lalu sekitar 15 (toilet di setiap rest area) masih mengantre. Apalagi dua tahun (masyarakat) tidak mudik kan orang ingin mudik semua," tutur Basuki.

(hns/hns)