Cihuy... IKN Bakal Punya 13 Koridor 'Busway', Rutenya ke Mana Saja?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 12 Mei 2022 13:25 WIB
Warga menjemur pakaian di teras rumahnya yaitu pemukiman yang berada dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (15/3/2022). Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN Nusantara seluas 6.671 hektare itu rencananya akan terbagi menjadi tiga klaster, yaitu klaster kawasan inti pemerintahan, klaster pendidikan, dan klaster kesehatan. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.
Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Jakarta -

Transportasi umum bakal jadi kendaraan utama di ibu kota negara (IKN). Salah satu yang bakal dibuat adalah sarana busway alias bus rapid transit (BRT).

Perencanaan sarana BRT ini tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 64/2022 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Ibu Kota Nusantara 2022-2042. Pembangunan koridor BRT ini terdapat di pasal 50 beleid tersebut.

Sarana BRT dibuat dalam rangka mengembangkan potensi dan peran untuk keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran berlalu lintas, dan mendukung kebutuhan angkutan massal pendukung di kawasan IKN.

Dilihat detikcom pada Perpres 64, Kamis (12/5/2022), akan ada sekitar 13 koridor BRT yang bakal dibangun di IKN. Beberapa koridor bakal terhubung langsung ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Halte BRT akan ditetapkan tersebar secara merata untuk melayani kebutuhan pergerakan orang di kawasan IKN. Koridor-koridor ini akan menghubungkan masyarakat di Sub-Pusat Pelayanan Kota (SPPK), Pusat Pelayanan Lingkungan (PPL), Pusat Pelayanan Kota (PPK), hingga ke Sumbu Kebangsaan.

Kawasan PPK IKN sendiri adalah pusat pelayanan ekonomi, sosial, dan administrasi yang melayani seluruh wilayah kota dan regional. Sementara itu, SPPK adalah pusat pelayanan ekonomi, sosial, dan administrasi yang melayani sub wilayah kota.

Kemudian, kawasan PPL adalah pusat pelayanan ekonomi, sosial, dan administrasi lingkungan permukiman yang melayani wilayah lingkungan permukiman kota.

Berikut ini 13 koridor 'busway' yang rencananya akan dibangun di IKN:
a. Koridor 1 yang merupakan loop line PPK KIPP
b. Koridor 2 yang merupakan loop line Sumbu Kebangsaan
c. Koridor 3 yang menghubungkan PPL KIPP 1-PPL KIPP 2
d. Koridor 4 yang merupakan loop line KIPP 1B
e. Koridor 5 yang merupakan loop line KIPP 1C
f. Koridor 6 yang menghubungkan PPK IKN Timur 4A-SPPK IKN Timur 5A via PPK IKN Barat 2C
g. Koridor 7 yang menghubungkan IKN Timur 4A- SPPK IKN Timur 5A
h. Koridor 8 yang menghubungkan IKN Timur 4B- SPPK IKN Barat 2B
i. Koridor 9 yang menghubungkan KIPP 1A-SPPK IKN Barat 2A
j. Koridor 10 yang menghubungkan PPL IKN Barat 2A-SPPK IKN Barat 2A
k. Koridor 11 yang menghubungkan loop line KIPP 1B-loop line Sumbu Kebangsaan
l. Koridor 12 yang merupakan loop line SPPK KIPP 1B
m. Koridor 13 yang merupakan loop line SPPK KIPP 1C

Simak juga video 'Begini Tahapan Pemindahan ASN hingga TNI-Polri ke IKN':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/dna)