Rencana Besar Stasiun Manggarai: Punya Gedung 3 Lantai hingga 18 Jalur Rel

ADVERTISEMENT

Rencana Besar Stasiun Manggarai: Punya Gedung 3 Lantai hingga 18 Jalur Rel

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 09 Jun 2022 10:50 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merevitalisasi kawasan Stasiun Manggarai. Begini rupa baru kawasan Plaza Stasiun Manggarai, Jakarta.
Stasiun Manggarai (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)

Negara Lain Punya Stasiun Sentral

Kehadiran Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral pertama di Indonesia diharapkan mampu meningkatkan pelayanan jasa angkutan penumpang KRL Jabodetabek dan KA jarak jauh dari dan ke Provinsi DKI Jakarta.

Negara-negara tetangga saja, seperti Thailand dan Malaysia sudah terlebih dahulu memiliki stasiun sentral untuk menata pergerakan kereta api di negaranya. Melalui pengoperasian Stasiun Sentral Bang Sue di Thailand dan Stasiun KL Sentral di Malaysia, kedua negara tersebut berhasil mewujudkan moda transportasi kereta api yang terintegrasi dan memudahkan pergerakan penumpang.

Berkaca pada kesuksesan Thailand dan Malaysia tersebut, stasiun sentral sejatinya memiliki peran penting dalam memastikan kelancaran aksesibilitas dan mobilitas orang dan barang antar kabupaten, antar kota maupun antar provinsi di suatu kawasan.

Dampak positif yang diharapkan dari kelancaran mobilitas ini adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat sekitar daerah pembangunan, serta memacu dan memperlancar roda perekonomian masyarakat. Di samping itu, melalui pembangunan concourse di stasiun sentral, diharapkan dapat mewujudkan keselamatan, kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa kereta api.


(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT