Menanti Kesiapan Operasi LRT Jabodebek yang Lintasannya Sudah Nyambung

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 13 Jun 2022 05:45 WIB
LRT Jabodebek tengah diujicoba. Kereta LRT terlihat melintas di Jalan Gatoto Subroto dan melewati flyover lengkung Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (10/1).
Menanti Kesiapan Operasi LRT Jabodebek yang Lintasannya Sudah Nyambung/Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Pembangunan LRT Jabodebek secara fisik dikabarkan sudah hampir rampung. Jika dilihat melalui Google Earth, lintasan LRT Jabodebek sudah tersambung sepenuhnya, yaitu Cawang-Cibubur, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur.

Dari Bekasi Timur, terlihat di Google Earth sudah terlihat depo LRT Jabodebek. Tak jauh dari situ terlihat stasiun LRT Bekasi Timur.

Dari situ terlihat jalur LRT sudah tersambung hingga Cawang. Titik itu menjadi pertemuan lintasan LRT Jabodebek dari Cibubur.

Kemudian terlihat jalur LRT Jabodebek dari Cawang hingga stasiun LRT Sudirman tersambung sepenuhnya. Begitu juga jalur hingga stasiun LRT di Cibubur juga terlihat sudah tersambung sepenuhnya.

Jika dilihat hampir semua lokasi yang menjadi titik stasiun LRT Jabodebek sudah terlihat bentuk konstruksinya, mulai dari Bekasi Timur, Cibubur, hingga Dukuh Atas.

Direktur Prasarana Perkeretaapian Kemenhub Harno Trimadi mengatakan secara fisik pembangunan LRT Jabodebek sudah hampir rampung. Dia bilang untuk masalah pembangunan lintasan saat ini sudah 97%.

Hanya saja kalau bicara kesiapan integrasi persinyalan antara sarana dan prasarananya masih jauh dari rampung. Dia bilang semua baru terlaksana 30% saja.

KAI bicara opreasional LRT Jabodebek di halaman berikutnya.