China Punya Jalur Kereta 2.712 Km di Atas Gurun, Terpanjang di Dunia!

Ilyas Fadilah - detikFinance
Kamis, 16 Jun 2022 17:22 WIB
Jalur kereta di atas gurun di China
Foto: dok. China State Railway Group
Jakarta -

China resmi mengoperasikan jalur sepanjang 825 kilometer di wilayah barat daya Xinjiang pada hari Kamis. Diresmikannya jalur ini membuat China kini memiliki jalur kereta api terpanjang yang beroperasi di atas gurun.

Dikutip dari Antara, Kamis (16/6/2022), jalur ini menghubungkan Kota Hontan dan Kota Ruoqiang dan wilayah sekitarnya. Total jaringan kereta api yang melintasi gurun Taklamakan mencapai 2.712 kilometer.

Dalam rilis resmi yang dikeluarkan China State Railway Group, perusahaan mengklaim jalur kereta di atas gurun ini sebagai yang terpanjang di dunia.

Jalur Hotan-Ruoqiang dapat ditempuh selama 11,5 jam perjalanan. Adapun kecepatan rata-rata kereta adalah 120 km perjam.

Gurun Taklamakan merupakan gurun pasir terluas kedua di dunia. Selain Taklamakan, di Xinjiang terdapat juga Gurun Gobi yang sama-sama memiliki jalur kereta ke arah timur dan tenggara.

Disebutkan sekitar 65 persen jalur kereta di gurun China menghadapi risiko angin dan badai pasir. Masalah ini menjadi perhatian dan sudah diatasi sejak pekerjaan konstruksi tahun 2018.

Selain itu, ada lima jembatan yang bisa dilintasi kereta dengan total panjang mencapai 49,7 km. Jembatan ini berdampingan langsung dengan gurun pasir.

China terus memperluas jaringan kereta api di negaranya. Tercatat hingga 2021, China memiliki setidaknya 150 ribu km jalur, termasuk 40 ribu km jalur kereta api berkecepatan tinggi.



Simak Video "Detik-detik Gempa M 6,1 Guncang Sichuan China, 4 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)