November, Jokowi & Xi Jinping Bakal Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 21 Jun 2022 14:48 WIB
Jokowi - Xi Jinping KTT APEC
Foto: Dok Kemenpar
Jakarta -

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping akan melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Uji coba rencananya dilakukan pada November 2022 mendatang.

Presiden Direktur PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan, rangkaian electric multiple unit (EMU) rencananya akan tiba di Indonesia pada September mendatang. Setelah itu, kedua kepala negara akan melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung di bulan November.

"November ini adalah dynamic test jadi sifatnya uji coba EMU yang sudah datang di Indonesia kita rencanakan di bulan September nanti. Jadi kita harapkan nanti kedua pemimpin negara Bapak Presiden Jokowi dan Presiden Tiongkok Xi Jinping akan mencoba EMU tersebut dari casting yard 4 ke arah Tegalluar," katanya di tunnel 2 proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Purwakarta, Selasa (21/6/2022).

Sejalan dengan tembusnya tunnel 2, Dwiyana mengatakan, progres investasi proyek ini telah mencapai 84%. "Progres fisik 76% dari keseluruhan," imbuhnya.

Dia mengatakan, proyek ini masih berjalan sesuai target. Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditargetkan operasi pada Juni 2023. "Juni 2023," katanya saat dikonfirmasi.



Simak Video "Wujud Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Diklaim Bisa Ngebut 350 Km/jam!"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)