ADVERTISEMENT

Kawasan Kota Tua Jakarta Bakal Jadi Pusat Integrasi KRL hingga MRT

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Minggu, 26 Jun 2022 18:30 WIB
Kawasan Kota Tua kini tengah berbenah melakukan revitalisasi trotoar. Target penyelesaiannya pun terus dikebut.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Kota Tua Jakarta merupakan salah satu tempat tujuan untuk jalan-jalan, bagi banyak orang ketika sedang berkunjung ke Ibu Kota. Sehingga, tak heran jika tempat itu akan sangat ramai di hari libur, akhir pekan, hingga malam hari.

Selain banyak spot yang menarik, lokasi Kota Tua juga terbilang strategis. Untuk menjangkau tempat itu juga aksesnya cukup mudah. Beberapa cara untuk ke Kota Tua bisa menggunakan transportasi umum seperti bus TransJakarta (TJ), angkot, hingga kereta rel listrik (KRL).

Untuk KRL sendiri, pengunjung bisa turun di Stasiun Jakarta Kota. Kemudahan akses tersebut akan menjadi lebih ciamik lagi, karena area Kota Tua tengah dilakukan pengerjaan proyek untuk peningkatan integrasi berbagai transportasi umum.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, saat ini area Kota Tua sedang dilakukan penataan kawasan untuk peningkatan aksesibilitas, bahkan nantinya akan ada Mass Rapid Transit (MRT), yang saat ini pembangunan jalan MRT sudah tahap ke 2 di sana.

"Fokus utama penataan kawasan stasiun Kota adalah peningkatan aksesibilitas, peningkatan integrasi layanan angkutan umum baik kereta commuter, TransJakarta, microtrans dan kedepannya adalah MRT," Syafrin ujar kepada detikcom, Minggu (26/6/2022).

Syafrin menambahkan bahwa pada jalan Jembatan Batu, akan ditata menjadi area transit angkutan umum seperti drop/off dan pick up dan pedestrian berkanopi. Di sana, juga sedang dibangun halte baru TJ, sebagai pengganti Halte Beos.

Buka halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT