ADVERTISEMENT

Ada Yang Baru di Kota Tua, Jalan Bebas Polusi hingga Angkutan Terintegrasi

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Senin, 27 Jun 2022 06:30 WIB
Kawasan Kota Tua kini tengah berbenah melakukan revitalisasi trotoar. Target penyelesaiannya pun terus dikebut.
Kawasan Kota Tua Dipercantik/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Safety line, garis proyek berwarna kuning nampak mengelilingi area sekitar Kota Tua dan Stasiun Jakarta Kota. Suara bising dari drill, alat bor yang terdengar menandakan ada pengerjaan konstruksi di depan Stasiun Jakarta Kota yang lokasinya berada di Jalan Lada, Pinangsia, Kec. Taman Sari.

Berdasarkan pantauan detikcom, beberapa hari yang lalu, sejumlah pekerja di sana terlihat sedang menggunakan pacul untuk mengeruk hingga mencampurkan tanah dengan semen. Beberapa ekskavator juga terlihat sedang digunakan untuk menggali dan mengangkut alat berat. Di depan Bank Mandiri dan Museum Bank Indonesia (BI) misalnya, ekskavator itu digunakan untuk menggali saluran air.

"Oh ini sedang dipakai buat ngegali gorong-gorong buat aliran air," kata salah satu pekerja di sana ketika ditanya detikcom, beberapa waktu lalu.

Pekerja di sana mengaku sudah bekerja mengerjakan proyek itu, sejak beberapa bulan yang lalu.

"Ini saya kerja sudah dari beberapa bulan yang lalu sih 3-6 bulan yang lalu lah. Saya kerja dari jam 8 pagi sampai jam 4-5 sorean. Tapi ada juga beberapa pekerja yang lain yang lembur, bisa sampai jam 10 malam. Itu yang lembur," tambah salah seorang pekerja tersebut.

Menjawab penasaran detikcom, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan bahwa saat ini memang sedang dilakukan penataan sekitar kawasan Stasiun Kota termasuk Kota Tua.

"Saat ini di Kawasan Jakarta Kota sedang dilakukan penataan Kawasan Stasiun Kota oleh beberapa SKPD Pemprov DKI Jakarta termasuk oleh Dinas Perhubungan (Dishub). Sekarang juga sedang dilakukan pembangunan oleh Dinas Bina Marga berupa plaza pejalan kaki, di sepanjang Jalan Ketumbar dan Lada Raya (depan Pintu Utara Stasiun Jakarta Kota). Serta akan dibuat penyediaan ruang ketiga publik berupa plaza dan taman, yang lokasinya di antara pintu Barat Stasiun dan Museum Bank Mandiri (ex. Halte TransJakarta Beos)" ungkap Syafrin kepada detikcom, Minggu (26/6/2022).

Fokus utama penataan kawasan Kota Tua dan Stasiun Kota adalah peningkatan aksesibilitas, untuk pejalan kaki berupa trotoar yang lebar, tambahnya. Selain itu juga untuk meningkatkan integrasi layanan angkutan umum baik kereta commuter, TransJakarta (TJ), microtrans dan ke depannya adalah MRT.

Lanjut ke halaman berikutnya.



Simak Video "Estetik! Yuk Kelilingi Bangunan Klasik Bersejarah di Kota Tua"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT