ADVERTISEMENT

Anggaran Jaga Jalan-Jembatan Tetap Mulus Rp 40,25 T, Ini Rinciannya

Ilyas Fadilah - detikFinance
Rabu, 29 Jun 2022 23:01 WIB
Petugas Bina Marga melakukan pengaspalan jalan yang berlubang di Jalan Akses Marunda, Jakarta Utara, Jumat (11/6/2021). Pengaspalan jalan yang sering rusak karena dilalui kendaraan berat ini dilakukan guna memberikan kenyamanan para pengguna jalan.
Ilustrasi perbaikan jalan/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan alokasi anggaran Rp 40,25 triliun pada 2023. Rinciannya antara lain, Rp 2,85 triliun akan digunakan untuk meningkatkan konektivitas jalan bebas hambatan.

Peningkatan konektivitas jalan bebas hambatan sepanjang 15 kilometer ini meliputi jalan tol Serang-Panimbang, Semarang -Demak serta pengadaan lahan jalan tol dan BOP.

"Kemudian jalan bebas hambatan sebesar Rp 2,8 triliun sepanjang 15 km," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian

Anggaran lainnya digunakan untuk meningkatkan aksesibilitas flyover/underpass di Sumatera Selatan dan Jawa Timur. Anggaran yang disiapkan adalah Rp 0,46 triliun untuk pembangunan sepanjang 1.611 meter.

Cakupannya antara lain peningkatan aksesibilitas di flyover Sekip Ujung di Sumatra Selatan, Flyover Gelumbang Sumatra Selatan, Flyover Bantaian Sumatera Selatan, dan Flyover Aloha Jawa Timur.

Alokasi dana paling besar adalah untuk infrastruktur jalan, yaitu sebesar Rp 22,40 triliun. Ditjen Bina Marga mengadakan program konektivitas dan peningkatan aksesibilitas pembangunan jalan sepanjang 303.6 km. Anggaran tersebut juga disiapkan untuk meningkatkan kapasitas dan preservasi peningkatan struktur jalan sepanjang 3.831,3 km.

Untuk infrastruktur jembatan, alokasi yang disiapkan adalah sebesar Rp 4,70 triliun. Sementara preservasi rutin jalan dan jembatan nasional, termasuk revitalisasi drainase adalah sebesar Rp 7,47 triliun.
Lalu dukungan manajemen lainnya adalah Rp 2,37 triliun.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT