ADVERTISEMENT

Proyek Jalur MRT Cikarang-Balaraja Dibangun 2023, Kapan Selesainya?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 30 Jun 2022 16:20 WIB
Rute MRT Jakarta penting diketahui sebelum menaiki transportasi tersebut. Tujuannya agar penumpang dapat memilih stasiun MRT terdekat dengan lokasi tujuan.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Moda raya terpadu (MRT) fase 3 Cikarang-Balaraja atau East-West Line bakal mulai dibangun tahun depan. MRT ini melintasi 3 provinsi sekaligus yakni Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Kapan proyek ini rampung?

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Syahbandar menjelaskan, MRT Cikarang-Balaraja memiliki panjang sekitar 85 km yang dibagi dalam 2 fase. Fase pertama yakni Jakarta, dan fase kedua Jawa Barat dan Banten.

Fase Jakarta memiliki panjang sekitar 34 km yang terbagi lagi dalam dua fase. Fase pertama yakni Tomang-Ujung Menteng dan fase kedua Tomang-Kembangan.

Progres saat ini ialah pekerjaan desain yang dikoordinasikan oleh Kementerian Perhubungan.

"Apa yang sedang dilakukan sekarang, lewat Kementerian Perhubungan mengkoordinasikan desain dari fase 1 dari segmen Jakarta. Fase 1 itu dari jalur Tomang sampai ke Ujung Menteng dan fase 2 nanti Tomang sampai ke Kembangan atau Kalideres," katanya dalam acara Forum Jurnalis, Kamis (30/8/2022).

Dia mengatakan, proyek fisik paling cepat dilakukan tahun depan. Sejalan dengan itu, pihaknya terus mencari pendanaan untuk proyek ini yang mencapai Rp 160 triliun.

"Tahun ini kan baru basic engineering design jadi paling cepet baru tahun depan akan dicanangkan proyek fisik, tapi saat bersamaan juga kita sedang menjajaki sumber-sumber pendanaan lain," ujarnya.

William belum bisa memastikan kapan proyek ini rampung. Namun, untuk wilayah Jakarta ia memperkirakan di tahun 2030.

"Masih panjang, belum bisa saya (...) nanti kita lihat basic engineering design seperti apa, kalau Jakarta sendiri mungkin 2030. Kalau segmen Jakarta ya, karena yang paling akan dikerjakan pertama adalah segmen 1, segmen Jakarta," katanya.



Simak Video "Menhub Ke Jepang Percepat Pembangunan Infrastruktur Transportasi"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT