ADVERTISEMENT

Rusia Minat Bangun Kereta di IKN, KAI Tunggu Tugas dari Pemerintah

Ilyas Fadilah - detikFinance
Kamis, 14 Jul 2022 16:00 WIB
Ada yang pangling dari tampilan lokomotif PT Kereta Api Indonesia (Persero). Ya ada perubahan logo KAI.
Foto: dok Kereta Api Indonesia
Jakarta -

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) mendapat dukungan dari Rusia. Bahkan, Presiden Rusia Vladimir Putin menawarkan kerja sama untuk menggarap jaringan kereta di IKN.

Dalam pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu, Putin menyodorkan Russian Railways, perusahaan pelat merah Rusia untuk menggarap proyek kereta di IKN Nusantara. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menunggu penugasan dari pemerintah.

"Kita ini kan operator sarana, jadi gimana pemerintah kasih tugas kita aja," ujar EVP Corporate Secretary KAI Asdo Artriviyanto di Hotel The Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Terkait peluang KAI menggarap proyek kereta di IKN Nusantara, Asdo mengaku belum dilibatkan oleh pemerintah. Namun, ia menampik jika KAI tidak memiliki kans menggarap proyek tersebut.

"Bukan nggak ada ya, kita belum pernah dilibatkan atas pembicaraan itu," sambung Asdo.

Pada kesempatan yang sama, VP Public Relations KAI Joni Martinus turut menyinggung progres proyek kereta api di Trans Sulawesi. Menurutnya, KAI siap mengoperasikan kereta api di Trans Sulawesi.

"Untuk progres yang lebih tahu Kemenhub, karena itu pekerjaan Kemenhub, tapi kami siap mengoperasikan kereta api di Makassar itu," ujar Joni.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT