ADVERTISEMENT

Fakta Terbaru Proyek Kereta Cepat: RI Diminta China Turun Tangan Biayai

Ilyas Fadilah - detikFinance
Rabu, 27 Jul 2022 06:00 WIB
Jembatan Antilope di Bekasi sempat viral karena di atasnya melintang girder box Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Jembatan pengganti Antilope kini tengah dibangun.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pemerintah menyampaikan update terbaru soal perkembangan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang diproyeksikan rampung 2023. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kemenko Kemaritiman dan Investasi terus melakukan monitoring ketat untuk proyek KCJB.

Dalam konferensi pers di Gedung Ali Wardhana, Jakarta Pusat, Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo mengatakan, sebagian besar konstruksi KCJB hampir rampung.

Selain menyampaikan progres, Wahyu mengungkapkan persoalan yang menjadi kendala dalam proyek KCJB. Berikut beberapa fakta terbaru tentang proyek KCJB.

Ongkos Membengkak, China Minta RI Turun Tangan

Wahyu mengatakan, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung punya permasalahan cost overrun atau pembengkakan biaya. "Memang beberapa waktu lalu yang lalu disampaikan adanya permasalahan cost overrun. Tentang cost overrun ini setahu saya masih dibahas," kata Wahyu di Gedung Ali Wardhana, Jakarta Pusat, Selasa (26/72022).

Bahkan menurut Wahyu, China Development Bank (CDB) yang berkomitmen mendanai proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung meminta pemerintah Indonesia menutup pembengkakan biaya ini.

"Karena ada permintaan agar cost overrun ini juga dicover oleh pemerintahan Indonesia," katanya melanjutkan.

Wahyu menambahkan, soal permintaan dari China, Kementerian Keuangan akan membahas bagian kewajiban Indonesia yang berkaitan dengan pembangunan proyek, bukan cost overrun.

Wahyu pun belum mengetahui apakah Presiden Joko Widodo akan membahas persoalan ini atau tidak. Namun, dirinya meyakini jika komitmen Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan segera selesai tahun 2023.

Presiden China Xi Jinping bakal kunjungi proyek KCJB. Baca di halaman berikutnya.



Simak Video "Wujud Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Diklaim Bisa Ngebut 350 Km/jam!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT