ADVERTISEMENT

Kala Duit Negara Rp 4 T Disuntik Buat Selesaikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 04 Agu 2022 07:45 WIB
Penampakan Kereta EMU dan CIT Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Penampakan Kereta EMU dan CIT Kereta Cepat Jakarta-Bandung/Foto: Dok. KCIC

Perkiraan Harga Tiket

Meski proyek mengalami kendala, rencananya kereta cepat akan melakukan tes dinamis yang akan dilakukan pada November 2022, bertepatan dengan penyelenggaraan Presidensi G20 di Indonesia.

Persiapan layanan pun terus dilakukan termasuk perhitungan tiket yang akan dipasarkan kepada masyarakat. Joni Martinus menyatakan kemungkinan tarif yang akan dikenakan berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 350.000 per orang.

"Namun saat ini tarif tersebut masih terus kami kaji dalam berbagai aspek," kata Joni.

Dengan ongkos sebesar itu, penumpang dapat merasakan layanan kereta dengan kecepatan maksimal yang dapat ditempuh 350 km per jam. Tak sampai sejam, kereta cepat bisa mengantarkan penumpang dari Jakarta sampai Bandung.

"Maka, waktu tempuh Jakarta-Bandung atau sebaliknya yaitu 36-45 menit saja," ujar Joni.

Kereta cepat akan beroperasi di jalur ganda sepanjang 142,3 km yang akan berhenti di 4 stasiun yaitu Stasiun Halim (Jakarta), Karawang, Padalarang, dan Tegalluar (Bandung).

Joni menjelaskan, satu rangkaian kereta cepat terdiri dari 8 kereta dengan kapasitas sebanyak 601 pelanggan. Adapun kelas pelayanannya terbagi menjadi VIP Class sebanyak 18 pelanggan, First Class sebanyak 28 pelanggan, dan Second Class sebanyak 555 pelanggan.

Rancangan kereta cepat berjenis KCIC400AF terinspirasi dari satwa khas Indonesia yaitu komodo, dengan warna dominan merah dan putih. Harapannya, identitas Indonesia langsung muncul saat melihat desain kereta tersebut.

Pada bagian interiornya, seperti di kursi terdapat sentuhan motif mega mendung khas Cirebon karena sebagian besar lintasan kereta cepat melintasi wilayah Jawa Barat.


(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT