MRT Buka Peluang Kerja Sama 8 Proyek: Rute Baru hingga Kawasan Bisnis

ADVERTISEMENT

MRT Buka Peluang Kerja Sama 8 Proyek: Rute Baru hingga Kawasan Bisnis

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 02 Sep 2022 12:32 WIB
Jembatan Cakra Selaras Wahana (CSW) ternyata belum dibuka. Meski begitu, area itu kini jadi salah satu spot foto baru bagi anak muda Ibu Kota.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Jakarta -

PT MRT Jakarta (Perseroda) membuka keran kerja sama dengan berbagai investor untuk membangun dan mengembangkan MRT Jakarta.

Ada sejumlah program yang ditawarkan MRT Jakarta kepada para investor yang berminat bekerja sama.

Sedikitnya ada 8 pogram pembangunan dan pengembangan yang ditawarkan MRT Jakarta kepada para calon investor dalam ajang Jakarta Investment Forum 2022 yang berlangsung pada Kamis (1-9-2022) di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat.

Delapan proyek tersebut meliputi:

1. Jaringan fase 3 Timur-Barat Cikarang-Balaraja;
2. Jaringan fase 4 Fatmawati-Kampung Rambutan;
3. Area komersial di Stasiun Bundaran HI;
4. Transport Hub Stasiun Dukuh Atas;
5. Dek Pejalan Kaki Stasiun Dukuh Atas;
6. Pengembangan fungsi campuran di kawasan Blok M;
7. Pengembangan fungsi campuran di kawasan Fatmawati; serta
8. Area komersial di Stasiun Fatmawati.

Selain memamerkan proyek-proyek tersebut, PT MRT Jakarta (Perseroda) juga melakukan penandatanganan proposal untuk mendukung pembangunan fase 4 MRT Jakarta dengan konsorsium Korea Overseas Infrastructure and Urban Development Corporation (KIND) Korea Selatan, Korea National Railway (KNR), dan Samsung C&T Corporation (Samsung) terkait dukungan keterlibatan konsorsium tersebut dalam pengembangan fase 4 MRT Jakarta.

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Farchad Mahfud dan Chief of Representative of Indonesia Office Korea National Railway Cho Sunghee, Chief of Representative of Indonesia KIND Suenghwan Lee, dan Chief of Representative of Indonesia Office Samsung C&T J.K Hong, disaksikan langsung oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta Mohamad Aprindy, dan seluruh hadirin Jakarta Investment Forum 2022.

"Atas nama PT MRT Jakarta (Perseroda), kami memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terutama penyelenggara Jakarta Investment Forum ini.
Ajang seperti ini akan mempertemukan pihak-pihak yang endukung pembangunan sebuah kota yang berkelanjutan," ungkap Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Mohamad Aprindy.

"Sebagai operator utama pengelola kawasan berorientasi transit, PT MRT Jakarta (Perseroda) senantiasa membuka kesempatan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk pengembangan berbagai proyek infrastruktur seperti yang kami tampilkan pada hari ini. Pada kesempatan ini pula, kami menandatangani surat komitmen bersama dengan pihak konsorsium
Korea Selatan terkait studi awal, potensi pengembangan bisnis, dan berbagi pengetahuan terkait pengembangan jalur fase 4. Konsorsium Korea Selatan ini juga telah menyelesaikan studi
kelayakan (feasibility study) fase 4 MRT Jakarta tersebut dan menjadi penanda keberhasilan pertama dalam kemitraan ini dan layak untuk dilaksanakan dengan skema kerjasama
pemerintah dengan badan usaha (KBPU)," pungkasnya.

Simak video 'Menhub Ke Jepang Percepat Pembangunan Infrastruktur Transportasi':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT