ADVERTISEMENT

Beroperasi Tahun Depan, Ini Progres Teranyar Proyek Tol Japek II

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 14 Sep 2022 12:52 WIB
Foto udara pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) 2 Selatan di Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022). Proses pembangunan Tol Japek Selatan sepanjang 27,85 km untuk seksi 3 ruas Sadang-Taman Mekar progres pembangunan telah mencapai 78,10 persen dan ditargetkan dapat selesai 2023. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/rwa.
Proyek Tol Jakarta Cikampek Selatan. Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Jakarta -

Jasa Marga menargetkan dua ruas jalan tol dapat beroperasi di 2023 mendatang, yakni ruas jalan Tol Cinere-Serpong dan Tol Jakarta-Cikampek Selatan atau Tol Japek II.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pengembangan Usaha, Agus Setiawan dalam pemaparan di rangkaian kegiatan Public Expose (Pubex) Live 2022 yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia. Untuk ruas Tol Cinere-Serpong hingga kini masih menunggu penyelesaian konstruksi sambungannya ke Tol Jagorawi.

"Sebagaimana kita ketahui, seksi 1 Serpong-Pamulang sudah dioperasikan di 2021 bulan April. Sedangkan seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,6 km itu konstruksinya sudah diselesaikan," jelas Agus, Rabu (14/09/2022).

"Jadi kami menunggu penyelesaian konstruksi untuk sambungannya ke Tol Jagorawi yang saat ini tengah dilakukan oleh mitra kami Trans Lingkar Kita Jaya. Mudah-mudahan setelah tersambung ruas seksi dua bisa dioperasikan," tambahnya.

Sementara untuk jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan sendiri kini masih menunggu konstruksi seksi 3 yakni Sukabungah-Sadang. Ia menjelaskan, progres seksi 3 kini telah mencapai 60%. Sementara untuk pembebasan lahannya sudah di 90%.

"Kemudian satu lagi di Jakarta-Cikampek Selatan yakni paket 3, Sukabungah-Sadang sepanjang 30,6 km sampai saat ini sedang dikonstruksi. Untuk konstruksinya progres di 60% dan pembebasan lahannya sekitar 90%. Kami mengupayakan mudah-mudahan di tahun depan ini bisa diselesaikan konstruksinya," terang Agus.

Sementara itu menurutnya tahun ini belum ada ruas jalan tol baru yang bisa dioperasikan. Jasa Marga sendiri telah mengoperasikan total 1.260 km jalan tol di Indonesia dari total konsesi jalan tol yang dimiliki Perseroan sepanjang 1.809 Km.

"Untuk target di 2022 sampai dengan akhir tahun kita masih mengkonstruksi ruas jalan tol yang sampai saat ini sedang dilaksanakan di Jakarta-Cikampek Selatan, kemudian di Jogja-Bawean di seksi 1. Jadi sampai dengan akhir tahun ini belum ada tambahan tol baru yang beroperasi," terang Agus.

Agus menyampaikan, tahun ini pihaknya mengalokasikan capex atau pengeluaran yang digunakan untuk ekspansi perusahaan di angka Rp 4-5 triliun. Nominal tersebut digunakan untuk konstruksi ruas-ruas jalan tol yang saat ini sedang dilakukan.

"Untuk tahun mendatang kami saat ini sedang menghitung biaya yang kami siapkan untuk tahun-tahun mendatang. Yang jelas biaya tersebut kami alokasikan untuk meneruskan yang sedang kami konstruksi," ujar Agus.



Simak Video " Intip Command Center Jalan Tol Pertama di RI Milik Jasa Marga"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT