ADVERTISEMENT

Jasa Marga Minat Ikut Lelang Pengoperasian Tol IKN Nusantara

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 14 Sep 2022 13:28 WIB
Tol Balikpapan-Samarinda
Tol Balikpapan-Samarinda. Foto: Shutterstock
Jakarta -

PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) menyatakan siap mendukung pengoperasian jalan tol di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Perusahaan berharap bisa diberikan kesempatan oleh pemerintah.

Seperti yang telah diketahui, tahun ini pemerintah telah mulai melakukan proses pengadaan untuk infrastruktur di IKN. Menyangkut pengoperasian ruas jalan tol di sana, Direktur Bisnis Jasa Marga Reza Febriano mengatakan pihaknya siap untuk mendukung bila diberi kesempatan.

"Terkait siapa yang akan mengoperasikan jalan tol yang nanti akan terkoneksi antara jalan Tol Balikpapan-Samarinda ke IKN ini nanti akan dilakukan proses lelang lebih lanjut," kata Reza, di rangkaian kegiatan Public Expose (Pubex) Live 2022, Rabu (14/09/2022).

"Dalam hal ini anak perusahaan kami, Jasa Marga Tol Road Operator, bila nanti diberikan kesempatan pasti akan siap untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pengoperasian untuk akses jalan tol menuju IKN," jelasnya.

Sebelumnya, pemerintah sudah mengeluarkan aturan tata ruang untuk kawasan ibu kota negara (IKN) baru. Dalam aturan itu, bakal ada 4 ruas jaringan jalan tol yang akan dibangun di IKN.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 64/2022 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Ibu Kota Nusantara 2022-2042. Dalam Perpres tersebut, ada kelompok pasal yang mengatur soal sistem jaringan transportasi.

Disebutkan dalam pasal 36 Perpres 64 tahun 2022, empat jalan tol yang dimaksud meliputi Jalan Tol Balikpapan Samarinda KM I l-junction Pulau Balang dan Jalan Tol Bandar Udara Sepinggan-Jalan Tol Balikpapan Samarinda.

Selanjutnya, ada juga Jalan Tol Bandara VVIP-outer ringroad Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dan Jalan Tol Junction Pulau Balang-KIPP IKN.

Sementara itu, pemerintah juga telah menyusun total anggaran sebesar Rp 43,73 triliun untuk pembangunan infrastruktur dasar di IKN Nusantara periode 2022-2024. Dari total tersebut, 19 paket senilai Rp 5,3 triliun telah disetujui per akhir Agustus lalu.

Dari 19 paket pekerjaan tersebut, akan digunakan untuk pembangunan IKN yakni salah satunya untuk pembangunan infrastruktur jalan termasuk jalan tol.

Rinciannya, untuk Ditjen Sumber Daya Air total sebanyak 6 paket dengan nilai kontrak Rp 42,8 miliar, Ditjen Bina Marga sebanyak 8 paket dengan nilai kontrak Rp 4,599 triliun, Ditjen Cipta Karya sebanyak 4 paket dengan nilai kontrak sebesar Rp 111,9 miliar, dan Ditjen Perumahan sebanyak 1 paket dengan nilai kontrak Rp 567 miliar.



Simak Video " Intip Command Center Jalan Tol Pertama di RI Milik Jasa Marga"
[Gambas:Video 20detik]
(ada/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT