ADVERTISEMENT

Simak! Ini Rencana Jalan Tol di IKN yang Bakal Mulai Dibangun

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 14 Sep 2022 18:15 WIB
Infografis jaringan tol, busway hingga kereta penopang IKN
Foto: Infografis detikcom/M Fakhry Arrizal
Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memaparkan rencana jalan tol yang akan dibangun di ibu kota negara (IKN) baru Kalimantan Timur. Sejumlah ruas jalan tol akan mulai dibangun sampai 2024.

Rinciannya, disampaikan oleh Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian. Ia menjelaskan, empat sampai lima ruas jalan tol yang mulai akan dibangun.

Pertama seksi 3a yakni Jalan Tol IKN Segmen Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,40 kilometer (km). Kemudian, seksi 3b ruas Jalan Tol IKN Segmen KKT Kariangau -Sp Tempadung sepanjang 7,325 km.

Ketiga, seksi 5a Jalan Tol IKN Segmen Sp.Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,675 km. Keempat ada seksi 6 Jalan Tol IKN Segmen Bandara VVIP -Rencana outer RR KIPP sepanjang 5,77 km.

"5b sedang kami usulkan tapi kami nggak yakin, kalau kemudian seksi 6 dan 5b belum ada kita akan menggunakan existing," ungkapnya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR RI, Rabu (14/9/2022).

Seksi 5b sendiri merupakan Jalan TOL IKN Segmen Jembatan Pulau Balang-Bandara VVIP sepanjang 12,02 km.

Hedy menjelaskan untuk tantangan pembangunan jalan tol di IKN salah satunya permintaan Presiden Joko Widodo yang meminta agar perjalanan dari bandara IKN menuju kawasan istana harus bisa ditempuh hanya setengah jam saja.

Ia pun mengatakan meski susah, tetapi sudah menemukan jalurnya sepanjang 47 km. Kemudian akan dibangun juga akses jalan tol dari Bandara VVIP IKN menuju istana. Adapun total rencana jalan tol di IKN sepanjang 75,62 km.

"Sudah ditargetkan bahwa dari bandara IKN itu 1/2 jam maksimum ini yang berat. Kita sudah cari kemungkinan 47 km itu akan bandara kita akan tol khusus sekitar Manggar seksi 5 Balsam 7 km nanti km 10 akan keluar langsung menuju simpang Tempadung-Kariangau kemudian langsung ke utara menyebrang selat dengan immersed tunnel kemudian langsung sumbu kebangsaan dekat istana," ujarnya.

Selain sejumlah ruas tol tersebut, ada juga seksi lainnya, yakni seksi 1 Jalan Tol IKN Segmen Bandara Sepinggan-Tol Balsam sepanjang 8,35 km, seksi 2 Jalan tol Balsam (eksisting) sepanjang 2,89 km, lalu seksi 4a Jalan Tol IKN Segmen Sp. Tempadung-Rencana outer RR KIPP, dan seksi 4b Jalan Tol IKN Segmen Exit Tol outer RR KIPP-Rencana Inner RR KIPP sepanjang 2,10 km.



Simak Video "Jokowi Minta Ibu Kota Baru Ditetapkan Jadi Proyek Strategis Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(ada/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT