ADVERTISEMENT

Wilayah Sekitar IKN Mulai Dilirik Pengembang

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 14 Sep 2022 15:30 WIB
Infografis jaringan tol, busway hingga kereta penopang IKN
Foto: Infografis detikcom/M Fakhry Arrizal
Jakarta -

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur akan memberikan dampak ke sektor properti. Kebutuhan properti di sekitar IKN diperkirakan akan tumbuh.

Pengamat properti Panangian Simanungkalit memperkirakan, kebutuhan properti di wilayah yang berdekatan dengan IKN seperti Samarinda akan terus meningkat sejalan dengan pembangunan IKN.

"Properti di wilayah yang sudah mapan infrastrukturnya seperti Samarinda akan lebih menarik minat investor dan pekerja yang punya kepentingan di IKN. Membangun sebuah kota baru butuh waktu panjang, sehingga orang akan lebih memilih tinggal di kota yang sudah jadi," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (14/10/2022).

Menurutnya upaya pengembang membangun proyek-proyek baru di Samarinda merupakan langkah yang tepat. Bertambahnya populasi dan banyak kepentingan lainnya yang akan mengikuti pembangunan IKN membutuhkan kawasan hunian dengan konsep dan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

"Pembangunan IKN akan menjadi booster untuk kawasan properti yang sudah dikembangkan di Samarinda dan Balikpapan. Kota-kota ini saya rasa akan jauh lebih maju dibandingkan IKN itu sendiri," katanya.

Sebelum pembangunan IKN, sejumlah pengembang telah memiliki proyek di Samarinda dan Balikpapan. Contohnya Agung Podomoro Group yang kini sedang mempercepat pembangunan Bukit Mediterania Samarinda dan The Premiere Hills.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT