ADVERTISEMENT

Jokowi Minta Waktu Tempuh Tol dari Bandara ke IKN 30 Menit

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 14 Sep 2022 20:45 WIB
Apakah Jokowi ingin melempar kode dukungan kepada Puan dengan mengajaknya ke IKN?
Foto: Alfito Deannova Ginting/detikcom: Presiden Joko Widodo saat meninjau lokasi IKN Nusantara di Kalimantan Timur
Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat waktu tempuh di jalan tol dari bandara ke ibu IKN Nusantara cukup 30 menit saja.

"Sudah ditargetkan bahwa dari bandara ke IKN itu setengah jam maksimum ini oleh Pak Presiden, ini yang berat," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR RI, Rabu (14/9/2022).

Meski begitu, pihaknya sudah menemukan jalurnya dengan jarak 47 kilometer (km). Jalurnya akan langsung ke luar menuju istana negara.

"Kita usaha coba cari jalurnya yang paling memungkinkan adalah sepanjang 47 km, jadi itu dari bandara kita akan membuat jalur tol khusus ke sekitar Manggar ke arah seksi 5-nya Balsam, 7 km nanti km ke 10 akan ke luar langsung menuju simpang Tempadung-Kariangau kemudian langsung ke utara menyebrang selat dengan immersed tunnel kemudian langsung sumbu kebangsaan dekat istana," jelasnya.

Hedy juga mengatakan akan ada jalur tol yang terkoneksi dengan bandara VVIP. Koneksinya juga sama langsung ke kawasan IKN, khususnya Istana Negara.

"Bisa dilihat rencana bandara VVIP, nanti akan kita connect-kan dengan sumbu kebangsaan dengan jalur tol dan nanti dari bandara VVIP akan kita connect-kan dengan Balikpapan dan menggunakan jalan tol menggunakan Jembatan Pulau Balang," tuturnya.

Secara total akan ada dari total 9 ruas jalan tol yang merupakan jaringan IKN sepanjang 75,62 km. Rencananya ada empat ruas yang akan dibangun saat ini hingga 2024. Sementara sisanya akan dibangun setelah 2024.

Pertama seksi 3a yakni Jalan Tol IKN Segmen Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,40 kilometer (km). Kemudian, seksi 3b ruas Jalan Tol IKN Segmen KKT Kariangau -Sp Tempadung sepanjang 7,325 km.

Ketiga, seksi 5a Jalan Tol IKN Segmen Sp.Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,675 km. Keempat ada seksi 6 Jalan Tol IKN Segmen Bandara VVIP -Rencana outer RR KIPP sepanjang 5,77 km.

(ada/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT