ADVERTISEMENT

Bandara Kertajati Mau Layani Penerbangan Umrah, Sederet Fasilitas Ini Disiapkan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 22 Sep 2022 09:31 WIB
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) alias Bandara Kertajati kini sepi karena tidak ada penerbangan komersial. Kondisinya bak mati suri.
Bandara Kertajati Mau Layani Penerbangan Umrah, Sederet Fasilitas Ini Disiapkan/Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Bandara Kertajati mulai disiapkan untuk melayani angkutan haji dan umrah. Kementerian Perhubungan menargetkan mulai November, bandara bercap internasional itu akan melayani penerbangan haji dan umrah.

Plt Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono sedang berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mempersiapkan penerbangan umrah dari Bandara Kertajati menuju Jeddah.

"Angkutan penerbangan untuk melayani haji, umrah, dan pembukaan rute internasional diberikan melalui koordinasi dan audiensi antar kementerian dan lembaga terkait, pemerintah daerah, penyelenggara Bandar Udara Kertajati, maskapai, hingga travel agent dalam rangka pembukaan rute penerbangan umrah dari Kertajati (KJT) menuju Jeddah (JED)," ujar Nur Isnin dalam keterangannya, Kamis (22/9/2022).

Menurutnya, beberapa persiapan yang sudah dilakukan adalah melengkapi fasilitas Custom, Imigration, and Quarantine (CIQ) dan juga melengkapi fasilitas penunjang. Mulai dari fasilitas penginapan atau hotel di dekat bandara, rumah sakit, asrama haji, dan fasilitas pendukung lainnya.

Nur Isnin juga mengatakan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan dibuka mulai Oktober. Hal ini dinilai dapat memudahkan akses ke bandara.

Ditjen Perhubungan Udara juga telah mengirimkan surat kepada General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi pada 7 September 2022 untuk meminta dukungan dalam memberikan slot penerbangan dari Bandara Kertajati.

Dengan terbitnya Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 25 tahun 2022, Instruksi Mendagri Nomor 42 Tahun 2022, Surat Edaran Menhub Nomor 88 Tahun 2022, Bandara Kertajati dijadikan sebagai salah satu pintu masuk atau entry point perjalanan internasional. Hal ini berpeluang memulihkan trafik penerbangan yang sempat lesu akibat pandemi COVID-19.

Potensi jemaah umrah dari kawasan sekitar Bandara Kertajati seperti dari Bandung Raya, Ciayumajakuning, Jawa Barat, dan Jawa Tengah pun cukup besar. Menurut Nur Isnin berdasarkan data Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama pada Tahun 1444 atau tahun 2022 terdapat 8.657 jemaah umrah yang belum berangkat.

"Belum lagi masyarakat yang suka bepergian ke luar negeri, sehingga dengan adanya Bandara Kertajati ini, diharapkan masyarakat makin mudah dan efisien dalam bermobilitas", jelas Nur Isnin.

Simak juga video 'Menhub Buka Penerbangan Perdana Pesawat Kargo Trigana Air di Kertajati':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT