Menguak Masalah di Balik Tol BSD Langganan Banjir

ADVERTISEMENT

Menguak Masalah di Balik Tol BSD Langganan Banjir

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 30 Sep 2022 20:00 WIB
Jalan Tol BSD mengalami banjir hingga setinggi 30 cm. Banjir disebabkan hujan deras yang melanda wilayah Tangsel dan sekitarnya pada sore tadi. (dok Istimewa)
Foto: Jalan Tol BSD mengalami banjir hingga setinggi 30 cm. Banjir disebabkan hujan deras yang melanda wilayah Tangsel dan sekitarnya pada sore tadi. (dok Istimewa)
Jakarta -

Belakangan ruas tol Pondok Aren-Serpong atau yang biasa dikenal sebagai Tol BSD belakangan ini telah menjadi langganan banjir. Terakhir, jalan tol yang terletak di Tangerang Selatan itu mengalami banjir dan terpaksa ditutup pada Jumat 23 September pekan lalu.

Itu bukan kali pertama tol ini kebanjiran, di bulan September saja jalan Tol BSD sudah dua kali mengalami kebanjiran.

Dalam catatan detikcom, Tol BSD sempat banjir setelah diguyur hujan deras Jumat pekan lalu. Genangan air muncul di jalan Tol BSD KM 8 sesaat setelah hujan deras. Tol BSD pun ditutup dengan menyisakan antrean panjang kendaraan yang mau masuk tol.

"Mohon maaf perjalanan Anda terganggu. Info terkini, 23 September 2022, pukul 16.27 WIB terjadi genangan pada KM 8+550A Ruas Tol Pondok Aren Serpong. Pengguna jalan diimbau untuk menggunakan jalan alternatif lain," tulis pengelola tol di akun Instagram resminya, @infobsdtol, dilihat detikcom, Jumat (23/9/2022).

Dalam unggahan di akun Twitternya, @infotolbsd, pengelola Tol BSD mengunggah situasi terkini yang terekam di CCTV jalan tol, di sana mulai terlihat banyak kendaraan yang menunggu dan mengantre di jalan tol BSD. Nampak kemacetan panjang sudah terlihat di jalan tol tersebut akibat banjir yang terjadi.

Sementara itu, situasi banjir yang terjadi nampak terlihat pada unggahan akun Twitter @NTMCLantasPolri. Dari foto yang diunggah nampak terlihat banjir telah mencapai lutut orang dewasa.

"16.59 Banjir di KM.08 Tol BSD, pengendara dari arah Pd Indah menuju Serpong bisa keluar di Exit Pd Ranji/Bintaro Exchange," tulis akun tersebut.

Di awal September pun Tol BSD sempat kebanjiran juga. Titik banjirnya pun ternyata sama, di KM 8 juga. Tol BSD pun ditutup juga saat itu. Banjir kala itu disebut sudah mencapai 40 ketinggiannya.

"Mohon maaf terjadi genangan di KM 08 ruas tol Pondok Aren-Serpong, Lalin arah Jakarta, dan arah BSD ditutup, agar gunakan jalur alternatif lain," tulis akun twitter Tol BSD, dilihat detikcom, Sabtu (10/9/2022) yang lalu.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT