Pekanbaru-Bangkinang Biasanya 1,5 Jam, Lewat Tol Nanti 30 Menit

ADVERTISEMENT

Pekanbaru-Bangkinang Biasanya 1,5 Jam, Lewat Tol Nanti 30 Menit

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 04 Okt 2022 23:05 WIB
Tol Pekanbaru-Bangkinang
Foto: Hutama Karya
Jakarta -

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR mengatakan waktu tempuh dari Pekanbaru hingga Bangkinang nantinya hanya memakan waktu 30 menit saja. Hal ini karena dibangunnya Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang.

Dengan hanya waktu tempuh 30 menit, perjalanan dengan rata-rata kecepatan berkendara maksimal 80 km/jam.

"Sebelumnya, jika berkendara menggunakan Jalan Nasional dari Pekanbaru hingga Bangkinang biasanya memakan waktu hingga 1 jam 30 menit lamanya," dikutip dari situs BPJT Kementerian PUPR, Selasa (4/10/2022).

Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 40 kilometer bagian dari koridor penghubung jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) saat ini telah memasuki progres konstruksi sebesar 84,42%.

"Khusus untuk Gate to Gate (Exit Tol Desa Sungai Pinang - Exit Tol Bangkinang) sepanjang 30,7 Km telah selesai konstruksinya dan siap beroperasi," jelas BPJT.

Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero), dan rencananya menjadi tol kedua di Bumi Lancang Kuning yang dioperasikan setelah Jalan Tol Pekanbaru - Dumai yang telah beroperasi sejak tahun 2020 lalu.

Sebelumnya, Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang telah dilakukan uji coba fungsional pada arus mudik lebaran lalu mendukung masyarakat Riau yang akan mudik dengan tujuan Sumatera Barat dan sekitarnya.

Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang merupakan bagian ruas Tol Pekanbaru - Padang yang membentang sepanjang 254 km sehingga dapat menghubungkan Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat demi meningkatkan kelancaran logistik dan mengurangi waktu tempuh perjalanan antarwilayah.

Lihat juga Video: Arus Lalin Tol Trans Sumatera Lancar, GT Helvetia Tak Ada Penumpukan

[Gambas:Video 20detik]



(ada/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT