Penyelesaian Masalah Banjir Tol Pondok Aren-Serpong Total Rampung Mei 2023

ADVERTISEMENT

Penyelesaian Masalah Banjir Tol Pondok Aren-Serpong Total Rampung Mei 2023

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 27 Okt 2022 18:49 WIB
Banjir di Tol BSD, Serpong, Tangerang Selatan terjadi pada Jumat (23/9) malam. Lalu lintas di lokasi banjir pun sempat dialihkan. Kini banjir sudah surut.
Tol Pondok Aren-Serpong saat kebanjiran/Foto: dok. NTMC Polri
Jakarta -

Ruas Tol Pondok Aren-Serpong dikenal sebagai jalan tol yang langganan banjir. Saat ini pengelola jalan tol mulai berbenah diri untuk mengantisipasi banjir yang berpotensi kembali terjadi.

Chief Finance Officer PT Margautama Nusantara (MUN) Ricky Camelien membeberkan saat ini pihaknya sedang fokus meninggikan jalan tol di beberapa titik-titik yang sering kebanjiran.

Dia memaparkan untuk peninggian jalan tol ke arah Jakarta dari BSD bakal selesai di bulan Desember 2022. Sementara itu untuk arah sebaliknya bakal selesai bulan Mei tahun depan.

"Kalau untuk peninggian di arah Jakarta selesai Desember, arah BSD selesai bulan Mei 2023," papar Ricky dalam temu wartawan di Equity Tower, Jakarta Selatan, Kamis (27/10/2022).

Di sisi lain, bukan hanya pihaknya saja yang akan melakukan antisipasi banjir. Dari sisi Kementerian PUPR, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane juga akan melakukan pembenahan di beberapa situ yang ada di Tangerang Selatan.

"Ada kesepakatan juga dengan PUPR, untuk Balai Cilicis akan perlebar hulu di Situ Pamulang dan Situ Parigi hilirnya, pelebaran Situ Parigi sudah selesai," sebut Ricky.

Sementara itu, Pemerintah Kota Tangerang Selatan diminta untuk melakukan revitalisasi kanal atau aliran sungai di sekitar jalan tol.

"Di sisi lain, Pemda tanggung jawab revitalisasi kanal, kanal aliran sungai dari tadinya hulu 9 meter, di hilir karena ada belokan dan kapasitas perkecil itu jadi tanggung jawab Pemda Tangsel untuk perbaikan," papar Ricky.

Ricky juga menjelaskan pihaknya pun menyiapkan tambahan pompa air, jadi dalam waktu dekat apabila terjadi banjir pihaknya akan lebih cepat membuat tingkat genangan air surut.

"Jadi ya kita tambah pompa, ada delapan pompa untuk atasi banjir ini dilakukan secara bertahap. Kami lakukan tambahan pompa air sehingga bisa lebih cepat surutnya," ujar Ricky.

Perlu diketahui PT MUN sendiri merupakan anak usaha PT Nusantara Infrastructure. PT MUN menjadi pemilik dari tol BSD lewat anak usaha badan usaha jalan tol PT Bintaro Serpong Damai yang mengoperasikan jalan tol Pondok Aren-Serpong.

(hal/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT