ADVERTISEMENT

Tol Betung-Jambi Mulai Dibangun Awal 2023

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 16 Nov 2022 19:36 WIB
Kehadiran Tol Trans Sumatera telah memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Tol ini telah menjadi salah satu akses penting bagi mobilitas masyarakat maupun arus logistik.
Tol Trans Sumatera/Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Pembangunan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus digenjot. Beberapa ruas tulang punggung yang sedang dalam tahap konstruksi antara lain Binjai-Langsa, Sigli-Banda Aceh, dan Kayu Agung-Palembang-Betung.

Untuk selanjutnya, Hutama Karya segera membangun ruas jalan tol Betung hingga Jambi.

"Jadi tahap III, dari Betung sampai Jambi ini akan segera dimulai," kata Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VI DPR RI, dikutip melalui kanal Youtube Komisi VI DPR RI, Rabu (16/11/2022).

Hutama Karya akan mulai menjalankan konstruksinya pada awal 2023. Dengan demikian, Hutama Karya berharap di 2024 dari Bakauheni sampai Jambi akan tersambung.

"Dan pekerjaan fisik akan masuk awal-awal 2023 nanti, sehingga diharapkan tahun 2024 nanti dari Bakauheni sampai Jambi sudah nyambung," lanjutnya.

Mengenai progresnya sendiri, Budi mengatakan, saat ini pihaknya tengah dalam tahap pembebasan lahan dari tol sepanjang 190 km ini.

Sebagai tambahan informasi, ruas jalan tol dari Betung hingga Jambi ini (Tol Betung - Tempino - Jambi) akan menjadi penghubung dari Jambi ke jalur backbone Sumatera Selatan, yakni tol yang menghubungkan Pelabuhan Bakauheni hingga Palembang.

Dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), jaringan Jalan Tol di Sumatera Selatan terdiri atas tiga ruas yakni Kayu Agung - Palembang - Betung, Betung - Tempino - Jambi, dan Simpang Indralaya - Muara Enim.

Sementara itu menurut catatan detikcom pada 25 Agustus lalu, Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR Reni Ahiantini menjelaskan soal skema pembiayaan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Tahap II, yang mana Betung-Jambi termasuk di dalamnya. Pada ruas Betung sampai Jambi, biaya investasi yang dibutuhkan sebesar Rp 22,45 triliun.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT