Bayar Tol Tanpa Setop di Depan Mata, Gerbang Tol Jagorawi Disempurnakan

ADVERTISEMENT

Bayar Tol Tanpa Setop di Depan Mata, Gerbang Tol Jagorawi Disempurnakan

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Kamis, 01 Des 2022 17:22 WIB
Podcast: Gaya Baru Bayar Tol Bablas Tanpa Setop
Foto: Tim Infografis/Fauzan Kamil
Jakarta -

Gantry atau kerangka gerbang untuk sistem pembayaran tol non tunai nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) yang berlokasi di Jalan Tol Jagorawi KM 18+370 arah Ciawi akan disempurnakan dengan pemasangan perlengkapan pendukungnya.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, gantry MLFF yang pertama terpasang di Jalan Tol Jagorawi ini sebagai sarana uji coba beragam instrumen yang ada seperti kamera, server dan lainnya.

"Setelah dilakukan pengamatan dan evaluasi perlu dilakukan penyempurnaan kembali untuk peralatan pendukungnya sebelum nantinya siap diuji cobakan kepada pengguna Jalan Tol secara langsung." Kata Danang, dikutip dari laman resmi BPJT, Kamis (01/12/2022).

Lebih lanjut Danang mengatakan, langkah penyempurnaan perlengkapan gantry ini telah melalui proses evaluasi oleh para tim ahli, tim BPJT, konsultan independen, dan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai badan usaha pelaksana MLFF.

Setelah dilakukan penyempurnaan gantry uji coba MLFF di jalan tol Jagorawi ini, selanjutnya akan dilakukan penyempurnaan juga untuk gantry uji coba yang telah terpasang di jalan tol JORR S KM33+635.

Mengenai waktu pelaksanaannya, pekerjaan penyesuaian pertama akan dilakukan di jalan tol Jagorawi pada 29 November 2022 dan 1 Desember 2022. Masing-masing dilaksanakan sekitar pukul 23.00-04.00 WIB.

Untuk memastikan pekerjaan berjalan aman dan lancar, RITS telah melakukan koordinasi dengan Jasamarga Metropolitan Tollroad sebagai operator jalan tol Jagorawi. Danang juga memastikan, kegiatan penyempurnaan instrumen pendukung gantry ini tidak akan menganggu jadwal operasional pelaksanaan MLFF.

"Semua tetap sesuai target pelaksanaan yakni pada tahun 2023 sistem tol MLFF akan mulai diujicobakan di beberapa ruas tol. Kemudian setelah kedua tiang gantry tersebut disempurnakan, akan jadi benchmark (pembanding) untuk pembuatan gantry-gantry lainnya," ujarnya.

Beberapa instrumen yang akan dipasang pada gantry antara lain kamera dengan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang berbasis perangkat lunak, Central Processing Unit (CPU) dan sebagainya. Untuk dapat melakukan penyesuaian tersebut, maka akan dilakukan proses pemasangan ulang gantry.

Lihat juga Video: Polri Upayakan Jalan Tol Jakarta-Cirebon Bebas Lubang saat Nataru

[Gambas:Video 20detik]




(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT