Kereta Cepat vs Argo Parahyangan Lebih Sat Set Mana? Ini Kata Stafsus Erick

ADVERTISEMENT

Kereta Cepat vs Argo Parahyangan Lebih Sat Set Mana? Ini Kata Stafsus Erick

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Sabtu, 03 Des 2022 21:30 WIB
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) menjalani persiapan untuk uji dinamis di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (9/11/2022). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan menjalani uji dinamis di sela penyelenggaran Presidensi G-20 pada 16 November mendatang. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) menjalani persiapan untuk uji dinamis di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (9/11/2022)/Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menyebut Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) terbilang lebih praktis dibandingkan dengan KA Argo Parahyangan. Dalam hal ini, ia menyoroti waktu tempuh dan harga tiket kelas eksekutif dan luxury.

Arya mengatakan tiket KA Argo Parahyangan Eksekutif biasa dibanderol Rp 150.000-170.000 dengan waktu tempuh tiga jam. Sementara untuk kelas luxury-nya, bisa mencapai Rp 400 ribu.

"Nah itu akan tiga jam. Ini kereta cepat Rp 250.000 30 menit," terang Arya saat dihubungi detikcom, Sabtu (3/12/2022).

Sementara menyangkut persoalan terkait Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang tidak sampai ke Kota Bandung, Arya menjelaskan di Padalarang nantinya ada feeder yang terintegrasi khusus dengan kereta cepat.

Feeder ini akan langsung mengangkut penumpang menuju ke Kota Bandung, sehingga total waktu tempuh Jakarta-Bandung jadi sekitar 1 jam. Kemudian untuk tarifnya, kalau ditotal-total dengan feeder menjadi Rp 250.000-300.000.

"Jadi silahkan saja dipertimbangkan ya. Coba kita lihat mana lebih kita pilih, yang Rp 150.000-170.000 tiga jam. Dengan yang Rp 250.000-300.000 tapi satu jam. Coba bandingkan seperti itu, bagi orang-orang kelas menengah atas," katanya.

Atas dasar perhitungan itulah, menurutnya Kereta Cepat Jakarta-Bandung lebih praktis bagi orang-orang kelas menengah atas dari segi tarif dan waktu tempuh.

"Itu kan jadi pertimbangan-pertimbangan bagi penikmat kereta, apalagi kereta eksekutif itu Parahyangan dinikmati kan oleh kelas menengah atas," ujarnya.

Bagaimana nasib KA Argo Parahyangan? Cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT