Jakarta ke Bandung Pilih Naik Kereta Cepat atau Argo Parahyangan?

ADVERTISEMENT

Polling

Jakarta ke Bandung Pilih Naik Kereta Cepat atau Argo Parahyangan?

Alamdinah Putri Brilian - detikFinance
Selasa, 06 Des 2022 07:05 WIB
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) menjalani persiapan untuk uji dinamis di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (9/11/2022). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan menjalani uji dinamis di sela penyelenggaran Presidensi G-20 pada 16 November mendatang. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU
Jakarta-Bandung pilih naik Kereta Cepat atau KA Argo Parahyangan? Langsung isi polling berikut ini.Foto: Istimewa
Jakarta -

Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditargetkan beroperasi Juni 2023. Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pernah menegaskan target tersebut.

Seiring dengan itu, berembus rencana 'suntik mati' alias penyetopan operasi KA Argo Parahyangan. Bahkan, Menteri BUMN dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, Senin (5/12/2022) menyarankan KA Argo Parahyangan menjadi kereta barang.

"Yang namanya kereta kan bisa juga jadi kereta barang. Karena Indonesia ini nggak punya yang namanya kereta barang. Nah untuk penumpangnya bisa juga dengan kereta cepat," kata Erick.

Di sisi lain menurut Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, belum ada kepastian soal penghentian operasi KA Argo Parahyangan, sering target beroperasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Juni 2023.

"Sejauh ini masih pembahasan, ya. Kan masih lama, masih bulan 7 (operasi KCJB). Jadi belum ada untuk mensetop dan sebagainya," terang Arya kepada detikcom, Sabtu (3/12/2022).

Nah sekadar informasi, ada perbedaan tarif dan waktu tempuh Jakarta-Bandung menggunakan KA Argo Parahyangan dan Kereta Cepat. Berdasarkan catatan detikcom, KA Argo Parahyangan kelas Eksekutif, tarifnya adalah Rp 135.0000, sementara untuk kelas Ekonomi tarifnya adalah Rp 95.000.

Jarak tempuh KA Argo Parahyangan dari Jakarta ke Bandung ± 173 km yang dapat ditempuh dalam waktu rata-rata 3 jam 15 menit.

Penumpang juga punya pilihan kereta lainnya yakni Argo Parahyangan Excellence yang diluncurkan dan mulai beroperasi sejak 1 Oktober 2019. Tarif yang dikenakan pada penumpang adalah Rp 150.000 untuk kelas eksekutif dan Rp 110.000 untuk kelas premium.

Sementara itu, Arya Sinulingga menyebut Kereta Cepat Jakarta-Bandung terbilang lebih praktis dibandingkan dengan Argo Parahyangan. Dalam hal ini, ia menyoroti waktu tempuh dan harga tiket kelas eksekutif dan luxury.

Arya mengatakan tiket KA Argo Parahyangan Eksekutif biasa dibanderol Rp 150.000-170.000 dengan waktu tempuh tiga jam. Sementara untuk kelas luxury-nya, bisa mencapai Rp 400 ribu.

"Nah itu akan tiga jam. Ini kereta cepat Rp 250.000, 30 menit," terangnya.

Terkait persoalan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang tidak sampai ke Kota Bandung, Arya menjelaskan di Padalarang nantinya ada feeder yang terintegrasi khusus dengan kereta cepat.

Feeder ini akan langsung mengangkut penumpang menuju ke Kota Bandung, sehingga total waktu tempuh Jakarta-Bandung jadi sekitar 1 jam. Kemudian untuk tarifnya, kalau ditotal-total dengan feeder menjadi Rp 250.000-300.000.

"Jadi silahkan saja dipertimbangkan ya. Coba kita lihat mana lebih kita pilih, yang Rp 150.000-170.000 tiga jam. Dengan yang Rp 250.000-300.000 tapi satu jam. Coba bandingkan seperti itu, bagi orang-orang kelas menengah atas," katanya.

Melihat perbandingan harga dan waktu tempuh di atas, kira-kira detikers bakal lebih pilih mana, ke Jakarta-Bandung pakai Argo Parahyangan atau Kereta Cepat? Yuk ikutan polling di bawah ini! Polling dibuka mulai Selasa (6/12) pukul 07.00 WIB, dan berlangsung hingga Rabu 7 Desember pukul 09.00 WIB.

Simak video 'Luhut: Progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Capai 80,40%':

[Gambas:Video 20detik]



(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT