Cek Lokasi Kereta Api hingga Pelabuhan, Menhub Terbang ke IKN Pekan Ini

ADVERTISEMENT

Cek Lokasi Kereta Api hingga Pelabuhan, Menhub Terbang ke IKN Pekan Ini

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 18 Jan 2023 13:26 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi megunjungi Gerbang Tol Cikampek Utama. Kedatangannya untuk meninjau arus balik lebaran 2022 di Tol Jakarta-Cikampek.
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan berkunjung ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Jumat (20/1). Kunjungannya untuk survei lokasi yang akan jadi tempat sejumlah transportasi massal.

Budi Karya mengatakan tahun ini pihaknya akan fokus melakukan perencanaan dan pengembangan transportasi massal di IKN. Mulai dari pembangunan bandara, kereta api, dan pelabuhan di samping pengembangan kendaraan listrik.

"Jadi secara planning kita mempersiapkan bandara letaknya di mana. Hari Jumat (20/1) ini saya akan ke sana," kata Budi Karya dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Rabu (18/1/2023).

"Lalu jalan kereta api seperti apa kita finalisasi, juga kita akan mulai penuhi pembuatan pelabuhan semacam Marina yang menghubungkan dari Balikpapan menuju ke IKN, selain itu kita upayakan kendaraan listrik," tambahnya.

Sebelumnya Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga mengungkapkan secara keseluruhan progres pembangunan IKN telah mencapai 12-15%. Hal ini disampaikan saat melakukan peninjauan pembangunan infrastruktur di IKN, Jumat (13/1) lalu.

Di antara banyaknya infrastruktur yang akan dibangun di IKN, ada rencana pembangunan dermaga baru. Dermaga tersebut nantinya bertujuan untuk akses keluar masuknya logistik ke IKN.

Saat ini hanya ada satu dermaga yang terdapat di kawasan IKN yakni Dermaga Cita Sabut. Dermaga itu merupakan akses keluar masuknya kapal perusahaan kayu dan kerta yakni PT ITCI Hutani Manunggal (IHM).

Oleh sebab itu, dermaga baru akan dibangun agar akses keluar masuknya logistik ke IKN tidak mengganggu akses dari perusahaan ITCI. Selain itu, dermaga baru juga diharapkan bisa menjadi akses masyarakat menuju IKN.

Pemerintah juga berencana membangun akses kereta api dan terowongan bawah laut. Untuk jalur kereta api, kata Danis, rencananya dibangun mulai dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan.

Saat ini pemerintah juga sedang melakukan studi kelayakan atau feasibility studies untuk membangun terowongan bawah laut (immerse tunnel).

"Kenapa immerse tunnel? Karena konsepnya kita menjaga lingkungan di sini itu tempatnya ada monyet juga, ikan dugong, jadi betul-betul kita menjaga. Alternatifnya sebetulnya lebih mudah jembatan, tapi tidak terlalu bagus secara lingkungan," tuturnya.

Lihat video 'Masyarakat Melayu-Banjar Berikan Dukungan Pembangunan IKN ke Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT