TNI AU Buka Lowongan Buat Lulusan SMA, Cek di Sini

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 19 Apr 2020 16:30 WIB
Atraksi udara dari Tim aerobatik TNI AU, Jupiter Aerobatic Team (JAT) memeriahkan HUT ke-74 TNI. Begini aksinya.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

TNI Angkatan Udara (AU) membuka lowongan bagi lulusan SMA sederajat yang ingin menjadi prajurit. Informasi rekrutmen dapat dilihat di diajurit.tni-au.mil.id.

Dikutip detikcom, Minggu (19/4/2020), ada beberapa posisi yang ditawarkan kepada calon peserta, yaitu Taruna dan Taruni Angkata Udara yang pendaftarannya dibuka selama 1 Maret - 30 April 2020.

Berikutnya untuk Bintara PK TNI AU Gelombang II yang pendaftarannya dibuka pada 1 Mei - 30 Jun 2020. Selanjutnya adalah Tamtama PK TNI AU Gelombang II yang pendaftarannya dibuka pada 1 Juli - 30 Agustus 2020.

Beberapa persyaratan umumnya adalah berusia sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan, tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, serta tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia.

Persyaratan khusus untuk Taruna dan Taruni Angkata Udara adalah berijazah SMA/MA jurusan IPA dan SMK Penerbangan Jurusan Teknik Pesawat Udara.

Sedangkan untuk Untuk Bintara PK pria berijazah SMA/MA IPA, SMK Teknik/Teknologi, pemetaan dan kesehatan kecuali yang berhubungan dengan pelayaran, perkapalan, perikanan, pertanian, perkebunan, peternakan, perhotelan, pariwisata, sekolah musik dan akan di sesuaikan kebutuhan dengan syarat melengkapi ijazah SD, SLTP, SMA/MA/SMK, SKHUN asli serta fotokopi yang telah dilegalisasi.

Untuk Bintara PK wanita berijazah SMA/MA IPA/IPS dan SMK jurusan manajemen, kesehatan, akuntansi, komputer, administrasi perkantoran dan pemetaan dengan syarat melengkapi ijazah SD, SLTP, SMA/MA/SMK, SKHUN asli serta fotokopi yang telah dilegalisasi.

Terakhir untuk Tamtama PK berpendidikan terakhir serendah-rendahnya SLTP/sederajat, dengan syarat melengkapi ijazah SD, SLTP, SLTA (bagi lulusan SLTA), SKHUN dan rapor pendidikan terakhir asli serta fotokopi yang telah dilegalisasi. Tinggi badan sekurang-kurangnya bagi pria 163 cm dan bagi wanita 157 cm dengan berat badan seimbang/ideal menurut ketentuan yang berlaku.



Simak Video "NASA Buka Lowongan Astronaut, Intip Persyaratannya!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)