Bikin Kantor di Wilayah Gibran, Shopee Buka 2.000 Lowongan Kerja

Siti Fatimah - detikFinance
Rabu, 13 Okt 2021 12:09 WIB
Shopee buka kantor di Solo
Bikin Kantor di Wilayah Gibran, Shopee Buka 2.000 Lowongan Kerja
Jakarta -

Shopee Indonesia menargetkan akan membuka lapangan pekerjaan sebanyak 2.000 orang hingga tahun 2022. Hal itu bersamaan setelah meresmikan pembukaan Kantor Shopee di Kota Solo pada Selasa (11/10) kemarin.

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengatakan, kantor baru di Solo Paragon Mall ini akan menjadi bagian dari upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi yang bergantung pada UMKM dan tenaga kerja.

"Jika kita dapat menciptakan peluang dan meningkatkan ketangguhan mereka, kita dapat mencegah terjadinya pengurangan tenaga kerja yang lebih besar dan membantu membangkitkan kembali ekonomi negeri," kata Handika dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Rabu (12/10/2021).

Dia berharap, hadirnya kantor salah satu e-commerce tersebut dapat meningkatkan ekonomi digital yang ujung-ujungnya menggairahkan ekonomi di daerah. "Kantor Shopee Solo Paragon ini menjawab 2 tantangan sekaligus, dan diharapkan dapat membawa lebih banyak orang ke dalam ekosistem ekonomi digital yang kian berkembang, demi pertumbuhan ekonomi daerah," sambungnya.

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka yang turut hadir dalam peresmian juga berharap, hadirnya Kantor Shopee tersebut dapat mengurangi jumlah pengangguran terbuka di Kota Solo yang mengalami kenaikan akibat dampak pandemi di tahun 2020 sebesar 90,59%.

"Kami menyambut baik pembukaan Kantor Shopee di Solo Paragon dan melihat dukungan yang diberikan Shopee bagi Kota Solo sebagai angin segar untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal, selain juga akan mendukung UMKM dengan lebih maksimal. Kini masyarakat Solo tidak perlu jauh beranjak untuk menjadi besar dan bisa tetap berada di Solo untuk membesarkan tanah kelahiran mereka," kata Gibran.

Selain membuka Kantor Shopee, sebelumnya Shopee juga meresmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo pada Mei 2021 lalu. Setidaknya ada 6.500 UMKM dari target total 10.000 UMKM lokal yang turut mengambil bagian dalam Program Ekspor Shopee.

Oleh sebab itu, Shopee akan memfokuskan kantor tersebut untuk memberikan dukungan bagi UMKM sejalan dengan antusiasme mereka di ekosistem Shopee.

(fdl/fdl)