IHSG Diprediksi Menguat, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Artha Sekuritas - detikFinance
Jumat, 29 Jan 2021 08:51 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksikan masih terus bergerak untuk kembali bangkit ke teritori positif. Pelaku bisnis brokerage pun optimis, perdagangan saham akan kembali bergairah ke arah positif.
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kemarin ditutup melemah. IHSG ditutup di level 5.979,39 (-2,12%). Apa rekomendasi saham hari ini?

Pergerakan didorong oleh sektor pertambangan (-4,34%) dan infrastruktur (-3,94%). IHSG ditutup melemah setelah The Fed menetapkan suku bunga masih di angka 0,25% yang mencerminkan kebijakan masih jauh dari moneter dan inflasi. Kenaikan kasus COVID-19 juga masih cukup mencemaskan.

Bursa Amerika Serikat (AS) ditutup menguat. Dow Jones ditutup 30,603.36 (+0.99%), NASDAQ ditutup 13,337.16 (+0.50%), S&P 500 ditutup 3,787.38 (+0.98%).

Penguatan merupakan rebound dari pelemahan yang diakibatkan oleh investor ritel yang meningkatkan volatilitas cukup tinggi. Namun setelah platform transaksi, Robinhood membatasi pembelian saham dari GamesStop, maka jumlah pembelian mulai berkurang dan market mulai menunjukkan nilai aslinya.

Bursa saham Asia dibuka melemah. Investor namun cukup optimis setelah mendengar kabar vaksin COVID-19 baru telah diumumkan.

Perusahaan Novavax telah membuktikan vaksin memiliki efektifitas hingga 89% untuk melawan variant yang muncul di UK. Investor akan terus memonitor perkembangan dari stimulus yang akan disalurkan oleh pemerintah AS.

IHSG diprediksi menguat dengan pergerakan di kisaran 5.853-6.185. Secara teknikal pergerakan saat ini masih berada dalam tren bearish yang kuat namun rentang pelemahan mulai terbatas terlihat dari indicator stochastic memasuki area oversold menunjukkan ada potensi rebound dalam jangka pendek. Optimisme juga hadir dari adanya vaksin baru yang diklaim lebih efektif.

Rekomendasi saham hari ini adalah ASSA, BBNI, dan UNTR dengan rekomendasi beli namun bersifat spekulatif.

(ara/ara)