Follow detikFinance
Rabu, 20 Jun 2018 12:22 WIB

Uang Menipis Usai Lebaran, Yuk Saatnya Nabung Lagi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rupiah/Foto: Muhammad Ridho Rupiah/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Libur Lebaran sudah selesai. Banyak uang yang dihabiskan selama liburan ini, mulai dari membeli kebutuhan Hari Raya Idul Fitri, membeli pakaian, tiket mudik, bagi-bagi THR untuk saudara, hingga pergi ke tempat wisata.

Setelah menghabiskan uang banyak di momen Hari Raya, anda harus mulai kembali ke 'jalan yang benar' yakni kembali menabung untuk masa depan.

Perencana keuangan Eko Endarto mengungkapkan setelah libur Lebaran harus mulai kembali menabung dan menyisihkan uang.

"Harus nabung lagi, lebaran kan cuma setahun sekali, setelah memang harus kembali ke nol lagi. Semua kesalahan nol dan dompet juga nol lagi, karena itu juga harus mulai menyiapkan diri untuk tabungan lagi," kata dia saat dihubungi detikFinance, Rabu (20/6/2018).


Dia mengungkapkan, dalam menabung usai liburan harus ada penambahan jumlah yang disisihkan. Menurut dia hal ini dilakukan agar kehidupan di beberapa waktu ke depan bisa lebih baik.

Jumlah tabungan yang ideal minimal harus ada penambahan yang disesuaikan dengan persentase kenaikan gaji.

"Kalau ada kenaikan gaji ya harus disesuaikan persentasenya itu minimal ya. Untuk penambahan maksimal bisa sesuai keinginan tapi harus konsisten," imbuh dia.


Eko menambahkan, menabung tak hanya dilakukan untuk Lebaran tapi juga kebutuhan hidup di masa depan, misalnya kebutuhan sekolah, uang untuk biaya tak terduga hingga kebutuhan lain. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed