Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 28 Jan 2019 16:24 WIB

Adik Prabowo Kritik Keras BRI Tidak Merakyat

Isal Mawardi - detikFinance
Adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo/Foto: Muhammad Ridho Adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Adik kandung Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo, mengkritik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Menurut Hashim bank yang beken dikenal dengan sebutan BRI itu lebih memilih membiayai konglomerat, bahkan untuk pembelian pesawat jet pribadi.

Hashim menyinggung BRI saat bicara tentang solusi dukungan finansial ke pengusaha menengah, kecil dan koperasi.


"Salah satu hal yang kita lihat kepemilikan tanah tanpa dikuasai segelintir pengusaha dan kelompoknya, itu salah satu cara adalah untuk memberikan dukungan finansial kepada pengusaha-pengusaha kecil menengah dan koperasi. Bagaimana caranya, solusinya, kan selalu ditanya solusinya apa? Solusinya adalah bank yang dari dulu ditujukan kepada rakyat pedesaan itu namanya Bank Rakyat Indonesia, itu sekarang Bank yang sesat menurut saya. Bank Rakyat Indonesia sekarang banyak memberikan pinjaman-pinjaman kepada perusahaan-perusahaan konglomerat untuk bikin mal, untuk kembangkan usaha mereka. Bahkan untuk memiliki pesawat jet pribadi. Bank Rakyat Indonesia membiayai pesawat jet pribadi orang," kata Hashim dalam sebuah diskusi di Gedung Bhayangkari, Jalan Senjaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (27/1/2019), ditulis Senin (28/1/2019).

Sekali lagi, Hashim kembali menegaskan BRI memiliki kredit untuk pembiayaan pesawat jet pribadi. Bahkan, kata Hashim, jika ia ingin memiliki jet lagi, ia bisa mengajukan ke BRI.


"Kalau saya mau punya pesawat jet pribadi lagi, saya sudah punya satu. Tapi kalau saya mau, saya bisa ajukan ke Bank Rakyat Indonesia. Ini kan jauh sekali dari tujuan Bank Rakyat Indonesia waktu didirikan berapa puluh tahun lalu," kata Hashim

Dia menambahkan jika kakaknya Prabowo Subianto terpilih menjadi presiden maka akan mengubah haluan Bank Rakyat Indonesia sebagai bank pro rakyat.


"Sehingga nanti Prabowo Subianto akan merobah haluan Bank Rakyat Indonesia dari lembaga keuangan seperti itu untuk kembali ke yang lama, yang asli. Bank Rakyat Indonesia nanti ditujukan kepada pengusaha kecil, menengah, petani dan nelayan. Itu langkah konkret yang bisa kita andalkan," tutur Hashim. (kil/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com