Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 08 Feb 2019 19:45 WIB

Penyaluran Kredit BNI Wilayah Surabaya Capai Rp 16 T di 2018

Moch Prima Fauzi - detikFinance
Foto: Dok. BNI Foto: Dok. BNI
Jakarta - Penyaluran kredit produktif di wilayah kelolaan BNI Wilayah Surabaya sepanjang tahun 2018 mencapai Rp 16,92 triliun, atau tumbuh 11,99% dari tahun 2017 yang mencapai Rp 15,10 triliun. Menurut CEO BNI Wilayah Surabaya Muhammad Jufri sebagian besar penyaluran itu menyentuh sektor sektor produktif senilai Rp 10,73 triliun (63,44%).

"BNI secara aktif menyalurkan kredit ke sektor-sektor produktif yang sejalan dengan program pemerintah terutama dalam pembiayaan usaha berorientasi ekspor. Salah satu kisah sukses dapat dilihat di bisnis TFG (Taylor Fine Goods)," ujar Jufri dalam keterangan tertulis, Jumat (8/2/2019).

TFG merupakan usaha yang didirikan Edwin Yanee dan menjadi salah satu mitra BNI yang menjajakan barang dagangannya di Pameran Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Surabaya.


Pebisnis muda ini memulai usahanya sejak dari bawah pada tahun 2012. Edwin membawa bendera usaha CV. Samudra Canvas Indo untuk memasarkan tas tangan, ransel, dompet, ikat pinggang, hingga tali kamera kekinian.

"Awalnya saya jalani jasa fotografi, kemudian jasa ini sudah semakin padat oleh fotografer lain, hingga akhirnya saya coba-coba mendesain dan memproduksi tali kamera, lalu tas kameranya. Pada awalnya memang berat, tetapi akhirnya usaha ini terus berkembang sampai saat ini tersebar di sekitar 40 toko, dengan pekerja sekitar 50 orang," ujarnya.

Dalam membesarkan usahanya, Edwin mendapatkan pembiayaan dari BNI dan memanfatkannya untuk menambah modal kerja usaha tas dan dompet. Produknya sendiri lebih banyak diminati oleh para traveler dan anak muda. Bahkan salah satu peritel buku dan alat tulis terkemuka di Indonesia pun ikut menerima pasokan barang darinya.


Selain dijual di pasar lokal, produk-produk milik Edwin juga sanggup menembus pasar Singapura dan Taiwan.

"Saya bisa ekspor karena memanfaatkan kekuatan social media," pungkas Edwin. (prf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed