Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 20 Mar 2019 10:58 WIB

Reaksi Lucu Bule Saat Pertama Kali Lihat Bank Terapung

Moch Prima Fauzi - detikFinance
Foto: Moch Prima Fauzi Foto: Moch Prima Fauzi
Jakarta - Bank BRI menghadirkan layanan Teras BRI Kapal Bahtera Seva sejak akhir 2016 lalu di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sejak kehadirannya beberapa tahun lalu, ada cerita unik yang menyertainya.

Hal ini diceritakan oleh Mantri BRI bernama Hendrial (30). Pada awal kehadirannya, ada turis asing (bule) yang melihat Bahtera Seva II. Ini adalah kapal Bank BRI yang jadikan bank terapung di Labuan Bajo.

Kala itu bule tersebut kaget dengan adanya mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di kapal tersebut. Dikiranya ATM itu hanya aksesori atau mainan.

"Tadinya mesin ATM itu dikira mainan mas. Apa benar ini ATM? Tapi dalam Bahasa Inggris. Kita jelaskan iya benar ini ATM, akhirnya ada yang coba," kata Hendrial saat berbincang dengan detikFinance, Jumat (1/3/2019) lalu.


Meski sudah dijelaskan bahwa ATM tersebut benar-benar berfungsi, si bule masih belum percaya kalau transaksinya menggunakan sistem online.

"Namanya memberitahu bule kan butuh waktu karena mungkin di tempat mereka asing ada bank terapung ini dan disangka itu nggak online awalnya," imbuh dia.

Hendrial bisa memaklumi ketidakpercayaan sang bule. Menurutnya berada di tengah laut penerimaan sinyal elektronik memang terkadang sulit. Untuk menonton TV saja harus bersandar di pulau.

Namun ia menjelaskan dengan teknologi jaringan yang dimilik Bank BRI, ATM itu bisa digunakan untuk bertransaksi seperti transfer dan tarik tunai. Untuk diketahui Bank BRI menggunakan jaringan komunikasi VSAT Gyro untuk operasional di kapal Bahtera Seva II.

"Dengan teknologi yang Bank BRI punya seperti BRIsat itu efeknya besar sekali. Kita berani buka EDC (electronic data capture) yang di daerah belum ada sinyal. Kita berani buat kapal yang maksudnya otomatis untuk layanan perbankan yang online real time itu bisa," paparnya.


Dengan ketersediaan jaringan tersebut, setiap minggunya Bahtera Seva II bisa melayani masyarakat di kepulauan NTT seperti Pulau Rinca, Pulau Messah, Pulau Papagarang, hingga Pulau Komodo.

"Kalau menurut saya itu namanya pemerataan ekonomi. Masyarakat pulau kan berhak juga mendapatkan pelayanan keuangan yang mumpuni," pungkasnya.

Baca berita lainnya mengenai Teras BRI Kapal Bahtera Seva di Ekspedisi Bahtera Seva.


Reaksi Lucu Bule Saat Pertama Kali Lihat Bank Terapung
(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com